Kuota Vaksinasi Nakes di Solo Bertambah

Kuota Vaksinasi Nakes di Solo Bertambah

Kuota vaksinasi bagi tenaga kesehatan (nakes) di Kota Solo bertambah. Seperti yang diketahui, semula angka jumlah nakes yang divaksinasi adalah sebanyak 10.825, kini menjadi 11.724, dan terbaru sekitar 14 ribu.

Terkait dengan pencegahan data ganda, Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo akan melakukan penyisiran ulang kuota nakes.

Siti Wahyuningsih selaku Kepala DKK Solo menyampaikan bahwa perubahan data itu membuat target penyelesaian vaksinasi dosis pertama bagi 1.700 nakes yang belum divaksin lebih lama.

Pada hari Jumat (29/1/2021) kemarin, Ning sapaan akrab Kepala DKK itu menuturkan, “Sebab jatah vaksinasi dosis kedua tidak boleh dialihkan ke nakes yang belum mendapat suntikan pertama”.

Kamudian, dinkes juga akan melakukan pendataan ulang terkait dengan penambahan nakes yang divaksin guna menghindari data ganda.

Baca Juga:  Pedagang Pasar di Solo Segera Divaksin

Hal tersebut, mengingat nakes tidak hanya bekerja di satu tempat dan nama mereka bisa saja diajukan masing-masing instansi tempatnya bekerja.

Sementara itu, mengenai kekurangan dosis vaksin bagi nakes yang belum terdaftar pada tahap pertama akan segera diajukan ulang.

Untuk informasi, Muhadjir Effendy selaku Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusuia dan Kebudayaan (PMK) juga turut meninjau vaksinasi Covid-19 bagi nakes di RSUD Bung Karno.

Muhadjir berharap upaya vaksinasi yang dilakukan pemerintah bisa mempercepat penuntasan pandemi Covid-19.

Dalam kesempatan itu, Muhadjir mengatakan, “Tahap pertama untuk para nakes, target selanjutnya pegawai pelayanan publik (di pemerintahan) dan masyarakat umum. Kalau bisa makin cepat makin baik”.

Tags: , ,