Lama Menikah Tapi Belum Punya Anak, Apakah Mandul?

Lama menikah tapi belum dikarunia momongan, apakah itu disebut mandul? Lebih jelasnya kali ini Soloraya.id mengutip penjelasan dari seorang dokter kandungan dari salah satu rumah sakit di Solo.

Dokter spesialis kandungan di Rumah Sakit JIH Solo, dr. Syah Rini Wisdayanti Sp.OG M.Kes mengatakan kondisi itu belum bisa langsung divonis mandul. Mandul pada laki-laki adalah jika ia tidak dapat menghasilkan sperma, sedangkan pada perempuan jika ia tidak bisa menghasilkan sel telur.

Tidak memiliki anak pada jangka waktu lama bisa disebabkan banyak faktor, salah satunya karena kurang subur. Yakni pada laki-laki terjadi gangguan produksi sperma dan pada perempuan terjadi gangguan pembuahannya atau karena siklus menstruasi. Nah kondisi kurang subur ini masih ada harapan untuk memiliki anak.

Baca Juga:  September-Oktober, Kasus Anak Positif Covid-19 Solo Naik Drastis

Faktor lainnya pada laki-laki adalah varicocele atau pelebaran pembuluh darah di bagian skrotum. Sehingga ada penyumbatan pada saluran vas deferens yaitu tabung yang membawa sel sperma.

Kelainan sperma, infeksi, kekurangan hormon testosteron yang disertai dengan masalah hubungan seksual, baik ereksi maupun ejakulasi juga bisa jadi penyebab terganggunya proses reproduksi.

Sedangkan pada perempuan bisa disebabkan gangguan menstruasi yang diakibatkan kesumbangan hormon reproduksi wanita itu sendiri. Selain itu bisa disebabkan sumbatan pada saluran telurnya atau tuba ovarium, dan adanya kista.

Bagi pasangan yang tidak punya anak dalam jangka waktu lama meskipun sudah melakukan hubungan seksual yang baik dan teratur, sebaiknya memeriksakan diri ke dokter ahli kesuburan.

Baca Juga:  Kepala Sekolah Hingga Ormas, Deklarasi Tolak Demo Anarkistis Untuk Solo Kondusif

Dokter akan menggali kondisi semua aspek dari pihak laki-laki dan perempuan serta kebiasaan-kebiansaannya. Lalu dokter akan memperkirakan kemungkinan-kemungkinan penyebabnya dan memberikan solusinya.

Nah hal tadi kita cari sebabnya misalnya program punya anak. Apakah dari laki-laki atau perempuannya. Bisa dicari solusinya. Oleh dokter biasanya akan digali semua aspeknya. Bagi yang sudah lama tidak punya anak, dan sudah berusaha, sebaiknya periksakan diri ke dokter ahli kesuburan.

Tags: , ,