Langgar PPKM, Dua Hajatan di Solo Dibubarkan Satpol PP

Langgar PPKM, Dua Hajatan di Solo Dibubarkan Satpol PP

Pada hari Minggu (24/1/2021) kemarin, Satuan Polisi Pamong Praja ( Satpol PP) Solo dan Tim Cipta Kondisi Solo yang berasal dari TNI dan Polri terpaksa membubarkan acara hajatan yang digelar warga di Kelurahan Gandekan, Kecamatan Jebres; dan Kampung Kragilan, Kelurahan Banjarsari, Kecamatan Banjarsari.

Kedua acara tersebut terpaksa dibubarkan lantaran melanggar aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Samino selaku Kepala Seksi Operasi dan Pengendalian Satpol PP menuturkan, “Sesuai Surat Edaran Wali Kota 067/036 bahwa untuk kegiatan masyarakat untuk sementara dibatasi. Khususnya hajatan itu tidak dibolehkan. Jadi, masyarakat tidak boleh mengadakan kerumunan kaitannya dengan hajatan”.

Sebelumya, dengan pendekatan persuasif, masyarakat telah diimbau untuk tidak menyelenggarakan hajatan selama berlangsungnya PPKM.

Baca Juga:  Pasien di Ruang Isolasi di Karanganyar Mulai Berkurang

“Jadi, kita harus tegas bahwa semua hajatan tidak diperbolehkan sesuai edaran wali kota,” tegasnya.

Menurutnya, dihentikannya dua kegiatan ini juga merupakan tindak lanjut dari aduan masyarakat.

Petugas langsung mencari penyelenggara acara dan meminta untuk menghentikan kegiatan. Warga pun segera menata kursi dan sebagian orang segera meninggalkan lokasi.

Samino juga memaparkan bahwa sejak PPKM dilangsungkan di Kota Solo pada hari Senin (11/1/2021), sementara ini baru ada dua kegiatan yang dihentikan, yakni di Kelurahan Gandekan dan Kampung Kragilan.

Sementara itu, Ketua RT 04 RW 14 Kelurahan Banjarsari, Wito Mulyono, mengklaim kegiatan hajatan di kampungnya tidak menimbulkan kerumunan. Penyelenggara tidak menyiapkan acara makan di tempat.

Baca Juga:  Pedagang Pasar di Solo Segera Divaksin

Tamu undangan, menurutnya, berjumlah sekitar 100 orang. Acara pun berlangsung dengan cepat.

“Tadi acara hanya tamu datang dikasih kardus langsung pulang. Tidak ada kerumunan. Tamu juga dari sekitar sini saja,” katanya.

Tags: , ,