Layanan GeNose Tersedia di Stasiun Solo Balapan

Layanan GeNose Tersedia di Stasiun Solo Balapan

Untuk informasi, kini pemeriksaan GeNose tersebut tengah diujicoba di Stasiun Solo Balapan.

Layanan pemeriksaan Covid-19 dengan GeNose C19 tersebut telah dimulai pada hari Jumat (5/2/2021) kemarin.

Calon penumpang kini hanya perlu meniupkan napas ke sebuah wadah yang telah disediakan.

Sementara untuk hasil tes keluar adalah sekitar 10 menit setelah pemeriksaan dilakukan.

Manajer Humas PT KAI Daops VI Yogyakarta, Supriyanto, mengatakan penyediaan layanan ini merupakan komitmen KAI guna mendukung program pemerintah mencegah Covid-19. Selain itu, penggunaan GeNose sebagai wujud dukungan Bangga Buatan Indonesia.

Pada hari Jumat (5/2/2021) kemarin, ia menyampaikan, “Uji coba pemeriksaan GeNose kepada pelanggan KA Stasiun Yogyakarta pada 3-4 Februari 2021. Mulai 5 Februari 2021 pelanggan KA bisa melakukan deteksi Covid-19 dengan GeNose C19 di Stasiun Yogyakarta dan Solo Balapan”.

Baca Juga:  Proyek Revitalisasi Jembatan Mojo Sudah Dimulai, Hanya Kendaraan Roda 2 yang Bisa Lewat

Untuk dapat melakukan pemeriksaan GeNose C19 di stasiun, calon penumpang harus memiliki tiket atau kode booking KA jarak jauh yang sudah lunas. Kemudian menyiapkan biaya Rp20.000.

Selain itu, selama 30 menit sebelum pemeriksaan, calon penumpang tak boleh merokok, makan, dan minum (kecuali air putih). Hal ini untuk meningkatkan akurasi hasil pemeriksaan GeNose C19.

“Layanan pemeriksaan GeNose C19 di stasiun akan semakin memperkuat deteksi dini penularan Covid-19 dan menjadikan kereta api semakin nyaman, aman, sehat”, ungkap Supriyanto.

Sesuai SE Satgas Covid-19 No 5 Tahun 2021 dan SE Kemenhub No 11 Tahun 2021, pelanggan KA Jarak Jauh diharuskan menunjukkan surat bebas Covid-19 dari hasil pemeriksaan GeNose C19 atau Rapid Test Antigen atau RT-PCR.

Tags: , ,