Layanan Rapid Test Antigen di Sragen Masih Minim

Sebanyak 11 rumah sakit (RS) negeri dan swasta di Kabupaten Sragen mulai menyiapkan fasilitas rapid test antigen sebagai persiapan momen liburan dan tahun baru.

Namun sampai hari Selasa, (22/12/2020) kemarin, hanya Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sragen yang sudah siap melayani fasilitas rapid test antigen itu.

Pernyataan ini disampaikan oleh Kepala DKK Sragen, dr. Hargiyanto, Selasa (22/12/2020).

Biayanya sesuai dengan ketentuan Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes), yakni maksimal Rp 250 ribu/orang.

Namun dia juga tidak menampik jika harga di RS swasta lebih mahal karena ada biaya pelayanan dokter dan administrasi.

“Sebenarnya ada dua RS swasta yang sudah siap juga. Kalau biasa di RS swasta itu biasanya lebih mahal karena ada pelayanan dokter dan administrasinya dihitung”, kata dia.

Dia juga menambahkan bahwa ada 11 RS di Sragen lainnya yang sedang menyiapkan layanan rapid test antigen dan baru akan diberi pembekalan pada Minggu (27/12/2020) mendatang.

Hargiyanto juga menerangkan bahwa rapid test antigen ini berbeda dengan rapid test antibody biasanya karena sampel spesimennya juga berbeda.

Dikutip dari situs sehatnegriku.kemkes.go.id, rapid test antigen-swab merupakan salah satu cara untuk mendeteksi adanya materi genetik atau protein spesifik dari virus SARS-CoV-2. Sensitivitasnya mencapai 90-92 persen.

Demi menjamin keamanannya, pemeriksaan rapid test antigen harus dilakukan oleh tenaga kesehatan yang mempunyai kompetensi, berasal dari fasilitas pelayanan kesehatan serta menggunakan standar operasional yang diyakini oleh tenaga kesehatan.

Kementerian Kesehatan RI melalui Direktorat Jenderal Pelayanan Masyarakat menetapkan batasan tarif tertinggi pemeriksaan Rapid Test Antigen-Swab sebesar Rp 250.000 untuk Pulau Jawa dan Rp 275.000 untuk di luar Pulau Jawa.

Ketetapan ini tertuang dalam Surat Edaran No HK.02.02/I/4611/2020 yang dikeluarkan per tanggal 18 Desember 2020.

Incoming search terms:

  • Info Rapid tes antigen disragen
  • Rapid test antigen rumah sakit sragen
  • Rapid test disragen
Tags: , ,