Lia Eden Meninggal Dunia, Ini Jejak Kontroversialnya

Lia Eden Meninggal Dunia, Ini Jejak Kontroversialnya

Lia Eden alias Lia Aminuddin dikabarkan meninggal dunia pada hari Jumat, 9 April 2021 lalu.

Mengutip detikcom dari akun Facebook Serikat Jurnalis untuk Keberagaman (Sejuk) pada hari Minggu (11/4/2021) kemarin, dituliskan, “Lia Eden (Lia Aminudin) yang sejak 1995 meyakini terus menerima bimbingan malaikat Jibril telah meninggal”.

Melansir dari Antara, Lia yang juga terkenal sebagai perangkai bunga kering pada era 1980-an, belakangan mengaku bahwa dirinya adalah Malaikat Jibril yang bertugas menyampaikan ajaran-ajaran baru.

Lia juga pernah mengklaim dirinya sebagai Imam Mahdi dan Bunda Maria. Lia bahkan mengatakan, anaknya yang bernama Ahmad Mukti adalah Yesus Kristus.

Ia pun mendapatkan sejumlah pengikut lewat Takhta Suci Kerajaan Tuhan.

Ia dan komunitasnya tersebut melakukan kegiatan berpusat di kediaman Lia, di Jl Mahoni No.30 Bungur, Jakarta Pusat.

Terkait hal itu, ia sempat di penjara dalam kasus penodaan agama

Lia Eden pernah dipenjara dua kali. Pertama Lia Eden divonis 2 tahun penjara pada Juni 2006 oleh hakim PN Jakarta Pusat.

Setelah menjalani hukumannya, Lia Eden bebas dari Rutan Pondok Bambu dan kembali ke markas kerajaannya di Jalan Mahoni, Jakpus. Selanjutnya pada Desember 2008, Lia Eden dan sejumlah pengikutnya ditangkap lagi oleh polisi.

Pada vonis yang kedua, Lia Eden dihukum selama 2,5 tahun penjara dan bebas pada 15 April 2011. Saat bebas, Lia Eden mengaku tidak kapok dipenjara. Lia menyatakan akan terus menyiarkan keyakinannya dengan mendamaikan semua agama.

Tags: , ,