Libur Panjang Nataru, Pengunjung Mal Soloraya Masih Landai

Selama liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) ini, mal di kota Soloraya tidak menunjukan traffik kunjungan yang signifikan.

Hal ini lantaran adanya pembatasan dan pengetatan aturan bagi para pemudik dan kriteria pengunjung. Pemudik yang naik kereta api (KA) dan pesawat terbang wajib mengatongi uji cepat antigen dengan hasil negatif.

Selain itu ada Surat Edaran (SE) Wali Kota Solo Nomor 067/3205 Tahun 2020 yang membatasi pengunjung mal dan pusat pembelanjaan lainnya dengan usia 15 tahun keatas yang bisa masuk. Selain itu lansia dan ibu hamil juga dilarang masuk.

Chief Marcom Solo Paragon Mall, Veronica Lahji, mengatakan bahwa tidak ada kenaikan signifikan terkait jumlah pengunjung di malnya itu.

Baca Juga:  Hasil Audit Dana Kampanye Pilkada Solo, Gibran-Teguh Rp 3,2 Miliar, Bajo Rp 153 Juta

Menurutnya, ini lantaran adanya berbagai aturan ketat soal pemudik dan pengunjung yang boleh masuk mal.

“Pengunjung landai. Iya, aturan untuk pemudik yang cukup ketat tambah SE wali kota soal pembatasan usia. SE-nya tidak memperbolehkan anak-anak 15 tahun ke bawah masuk mal. Begitu pula ibu hamil dan orang lanjut usia,” ujarnya yang juga Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APBBI) Solo tersebut, Jumat (25/12/2020).

Sebelumnya, saat anak-anak 5 tahun ke atas boleh masuk mal, angka kunjungan sempat naik 100% saat akhir pekan, yakni dari 4.000 menjadi 8.000 orang. Namun demikian, trafik ini menurun menjadi sekitar 4.000 sampai 6.000 pengunjung.

Sementara itu, Public Relation The Park Mall Solo Baru, Christina Tri Mawarti, menambahkan banyak tenant yang berharap momen libur Natal ini menjadi peluang besar untuk pemasukan mereka namun traffik pengunjung masih landai.

Baca Juga:  Warga Bisa Jajal KRL Yogya-Solo Dengan Biaya Rp 1

“Kami berharap trafik pengunjung yang masuk tinggi sehingga angka buying juga naik. Sektor food and beverages dan arena permainan anak-anak cukup ramai. Mudah-mudahan akhir pekan ini makin banyak pengunjungnya,” ungkapnya.

The Park Mall Solo Baru sendiri tidak menerapkan pembatasan pengunjung yang masuk ke mal dikarenakan lokasinya di area Kabupaten Sukoharjo yang tidak ada SE terkait kategori pengunjung mal yang diterapkan di kota Solo.

Tags: , ,