Long Weekend, Klaten Tambah 44 Kasus Baru Covid-19

Long Weekend, Klaten Tambah 44 Kasus Baru Covid-19

Pada hari Jumat (30/10) kemarin, Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Klaten mencatat penambahan 44 kasus positif Covid-19 dan satu orang di antaranya meninggal dunia.

Kasus baru tersebut tersebar di sejumlah kecamatan, diantaranya adalah Ngawen, Karanganom, Karangnongko, Kebonarum, Wonosari, Juwiring, Trucuk, Polanharjo, Pedan, Kalikotes, dan Klaten Tengah.

Mereka yang terkonfirmasi positif Covid-19 juga berasal dari para tenaga medis (nakes) dari Puskesmas Kemalang dan Trucuk II.

Temuan kasus baru tersebut merupakan hasil skrining, yang merupakan program Dinas Kesehatan (Dinkes) Klaten ke seluruh puskesmas di Klaten secara bertahap.

Menurut data dari Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Klaten, pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 memiliki usia yang berbeda-beda. Di antaranya beberapa yang masih golongan remaja, bahkan anak-anak.

Pasien dengan usia paling kecil yakni MA, 5, laki-laki. Yang bersangkutan berasal dari Kecamatan Polanharjo. Lalu, ada dua pasien dengan usia lanjut, 70 tahun. Yakni SS dari Kecamatan Karangnongko dan TH dari Kecamatan Juwiring.

Baca Juga:  FX Rudy Minta Presiden Angkat Lagi Susi Pudjiastuti Jadi Menteri

Sementara untuk satu pasien Covid-19 yang meninggal dunia yakni SM, 51, asal Kecamatan Karangnongko.

Cahyono Widodo selaku Koordinator Bidang Kesehatan Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Klaten menuturkan, “Dari penambahan kasus terkonfirmasi positif baru itu, terdapat tujuh kasus yang dimungkinkan terpapar saat melakukan aktivitas sehari-hari dan bekerja di Klaten. Sedangkan enam kasus lainnya dimungkinkan terpapar saat berada di luar daerah. Sementara 31 kasus lain merupakan kontak erat kasus terkonfirmasi Covid-19 sebelumnya”.

Mengenai penambahan kasus positif baru itu seluruhnya telah dilakukan isolasi mandiri di bawah pengawasan tim medis.

Di sisi lain, soal adanya empat nakes dari dua puskesmas yang terkonfirmasi positif Covid-19, juga telah dilakukan langkah-langkah.

Mulai dari koordinasi dengan satgas kabupaten dan kecamatan hingga meminta kepada keempat nakes melakukan isolasi mandiri.

Juga telah dilakukan pula koordinasi internal puskesmas hingga desinfeksi ruangan.

Cahyono menjelaskan, “Kami juga melakukan pemetaan yang ada untuk pelayanan di puskesmas. Kami telah melakukan tracking, bagi mereka yang kontak erat dilakukan karantina mandiri dan tes swab“.

Baca Juga:  Partai Gerindra Berkomitmen Target Kemenangan Untuk Gibran-Teguh 92 Persen

Saat ini, secara kumulatif jumlah pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 asal Klaten sebanyak 911 orang.

Antara lain 146 orang menjalani perawatan di rumah sakit maupun melakukan isolasi mandiri dan 733 orang telah dinyatakan sembuh, sementara 32 orang dinyatakan meninggal dunia.

Sujarwanto Dwiatmoko -Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Klaten- menjelaskan bahwa dibukanya objek wisata air selama libur panjang dan cuti bersama kali ini, juga diikuti dengan upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di kawasan wisata.

Salah satunya dengan melakukan random swab test di sejumlah objek wisata.

Sujarwoto menerangkan, “Random swab test ini kami lakukan untuk memastikan, apakah pengunjung dalam keadaan baik atau tidak. Kami lakukan secara acak. Sedangkan untuk skrining secara keseluruhan melalui formulir yang harus dijawab dengan jujur oleh wisatawan”.

Tags: , ,