Mandalika Resmi Tak Gelar MotoGP Indonesia 2021

Mandalika Resmi Tak Gelar MotoGP Indonesia 2021

MotoGP Indonesia dipastikan belum akan bisa digelar tahun 2021 ini. Balap motor di kelas paling bergengsi tersebut baru akan bisa dihelat di Sirkuit Mandalika kemungkinan pada Maret 2022.

Keputusan tersebut diambil setelah perwakilan Dorna Sports dan Federasi Sepeda Motor Internasional (FIM) melakukan inspeksi pada hari Rabu (7/4/2021) lalu.

Pihak Dorna Sports dan FIM dalam pernyataan resmi menyatakan puas dengan perkembangan pembangunan Sirkuit Mandalika yang ditargetkan rampung pada pertengahan 2021.

Meski begitu, MotoGP Indonesia dipastikan tidak akan dihelat tahun ini

Pihak Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) dan Mandalika Grand Prix Association (MGPA) sebenarnya merasa optimistis Sirkuit Mandalika sudah bisa menggelar balapan MotoGP Indonesia tahun ini.

Tetapi, pihak Dorna dan FIM berkata lain.

Mengutip dari situs resmi MotoGP, dituliskan, “Target untuk Sirkuit Mandalika adalah tetap menggelar FIM Superbike pada 14 November 2021. Namun, karena pandemi Covid-19, semua pihak setuju untuk menggelar balapan MotoGP di trek tersebut pada paruh pertama musim 2022”.

Meski gagal jadi tuan rumah MotoGP tahun ini, Indonesia masih diberi peluang untuk menggelar sesi latihan resmi.

Hal itu diperkirakan akan bisa dilakukan menjelang akhir 2021.

“Jika MotoGP dapat menggelar balapan di Asia Tenggara jelang akhir MotoGP 2021, upaya untuk melakukan tes tim kelas MotoGP di Sirkuit Mandalika akan diupayakan sebagai antisipasi masuknya trek di kalender balap 2022,” lanjut pernyataannya.

Abdulbar M. Mansoer selaku Presiden Direktur ITDC bersyukur pihak Dorna Sports dan FIM puas dengan perkembangan pembangunan Sirkuit Mandalika.

Abdulbar menuturkan, “Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada FIM dan Dorna yang telah datang dan melaksanakan technical visit yang berjalan dengan baik dan memenuhi harapan mereka”.

Sementara itu, terkait MotoGP Indonesia yang belum akan digelar tahun ini, Menteri BUMN Erick Thohir mendukung wacana balapan digelar Maret 2022.

“Saya sepenuhnya mendukung event MotoGP digelar Maret 2022. Ini sejalan dengan Pemerintah Indonesia yang terus mendorong program vaksinasi. Kami ingin menjamin keamanan pengunjung yang datang baik dari dalam maupun luar negeri”, katanya.

Tags: , ,