Mantan Petinggi FPI Munarman Ditangkap Terkait Baiat ISIS

Mantan Petinggi FPI Munarman Ditangkap Terkait Baiat ISIS

Pengacara Rizieq Shihab, Munarman, ditangkap satuan Densus 88/Antiteror. Polri menyebut yang bersangkutan ditangkap atas dugaan tindak pidana terorisme.

Penangkapan Munarman disebut terkait kegiatan baiat terhadap Negara Islam di Irak dan Suriah atau NIIS/ISIS yang dilakukan di Jakarta, Makassar, dan Medan.

Pada hari Selasa (27/4/2021), Kombes (Pol) Ahmad Ramadhan selaku Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri Kombes menyampaikan, Munarman disebut terlibat dalam sejumlah agenda baiat yang juga diikuti oleh sejumlah terduga teroris.

Ahmad mengatakan, “Jadi, terkait dengan kasus baiat di UIN Jakarta, kemudian juga kasus baiat di Makassar, dan mengikuti baiat di Medan. Jadi, ada tiga hal tersebut”.

Sementara itu, Aziz Yanuar selaku Kuasa hukum Munarman menyampaikan bahwa tuduhan polisi bahwa Munarman terlibat terorisme terlalu dini. Bahkan, merupakan fitnah.

Menurutnya, selama ini pihak kepolisian tidak pernah melakukan pemanggilan pada Munarman terkait dugaan tindak pidana terorisme.

Aziz mengatakan, “Karena dari pembuktian beliau belum pernah dipanggil untuk permasalahan apa pun”.

Seperti yang diketahui, penangkapan Munarman dilakukan pada Selasa (27/04/2021) sekira jam 15.30 WIB, di Perumahan Modern Hills, Cinangka – Pamulang, Tangerang Selatan.

Pasal yang disangkakan diduga adalah kejahatan terorisme dimana Munarman diduga menggerakan orang lain untuk melakukan terorismedan menyembunyikan informasi tentang tindak pidana terorisme.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus saat dikonfirmasi membenarkan perihal penangkapan tersebut.

Saat Munarman dibawa ke Mapolda Metro Jaya, Densus 88 Antiteror kemudian melakukan penggeledahan di rumah Munarman serta bekas markas FPI di kawasan Petamburan, Jakarta.

Dari Petamburan, polisi menyita sejumlah barang bukti berupa bahan-bahan peledak. Bahan yang ditemukan di antaranya botol-botol berisi serbuk dan cairan peledak TATP.

Menurut keterangan kepolisian, TATP adalah bahan kimia yang sangat mudah terbakar.

Bahan peledak yang menggunakan cairan kimia tersebut tergolong sebagai high explosive atau berdaya ledak tinggi.

Tags: , ,