Marak Balap Liar di Solo, Polresta Siapkan Road Blocker

Marak Balap Liar di Solo, Polresta Siapkan Road Blocker

Satuan Sabhara Polresta Surakarta siap menghentikan balap liar yang marak di Solo saat Ramadan. Mereka melatih penggunaan road blocker atau perintang jalan stinger spike system.

Alat road blocker sendiri berbentuk menyerupai ranjau paku besi ini digunakan untuk memperlambat atau menghentikan pelaku kejahatan yang menggunakan sepeda motor maupun mobil.

Pada hari Selasa (20/04/2021) kemarin, Kompol Sutoyo selaku Kepala Satuan Sabhara Polresta Solo mengatakan, “Kami melatih para petugas untuk mengoperasikan road blocker ini”.

Latihan tersebut diikuti oleh puluhan polisi dari Satuan Sabhara dan Satuan Lalu Lintas.

Mereka belajar untuk memasang dan mengoperasikan alat itu dan rencananya, alat tersebut akan digunakan pada saat razia balap liar.

Kompol Sutoyo mengatakan, cara kerja alat ini adalah membocorkan ban kendaraan pelaku tindak pidana menggunakan paku berupa pipa kecil yang di alat ini. Kendaraan itu akan oleng bahkan berhenti karena kehilangan tekanan angin.

Sehingga, petugas yang melakukan razia bisa menangkap pelaku balap liar dengan lebih mudah.

Alat itu juga mencegah para pelaku untuk melarikan diri dengan kendaraannya.

Kasat Samapta Polresta Surakarta menyebut bahwa pihaknya mendapat laporan mengenai maraknya aksi balap liar di beberapa tempat.

Aksi tersebut biasanya dilakukan oleh sekelompok orang pada malam hari hingga menjelang waktu sahur.

“Dengan maraknya balap liar, Polresta Surakarta mengantisipasinya dengan mengadakan pelatihan mengoperasikan road blocker untuk personel Sat Samapta, Polsek Jajaran dan Satuan Lalu Lintas Polresta Surakarta”, ungkapnya.

Selain untung mengadang pelaku balap liar, peralatan tersebut juga bisa dilakukan dalam operasi lain, termasuk pengejaran pelaku kejahatan.

Tags: , ,