Memasuki Era Perhotelan ‘New Normal’, Edukasi Panduan Selama Masa Pandemi Terus Digalakan

Sebagai hotel dengan label Safe Travel dan Hotel bintang 4 terbaik di Jawa Tengah, The Alana Hotel & Convention Center Solo menjadi pusat perhatian bagi International Hotel Management School (IHS) Solo dengan adanya Industry Visit for Instructor yang diselenggarakan pada Kamis, 1 Oktober 2020, di Berryl Meeting Room The Alana Hotel & Convention Center Solo.

Kegiatan yang merupakan agenda tahunan dari IHS tersebut menjadi tanda bahwa The Alana Hotel & Convention Center Solo menjadi kepercayaan tidak hanya bagi tamu ataupun masyarakat, tetapi juga rekan-rekan akademis.

“Protokol kesehatan menjadi salah satu perhatian kami di tengah pandemi Covid-19 ini. Berbagai langkah dan upaya pencegahan telah kami lakukan mulai penyediaan cairan pembersih tangan, pengecekan suhu ketika memasuki area hotel, penerapan sistem baru untuk breakfast, sampai dengan seluruh aspek telah kami antisipasi demi menyamankan setiap tamu yang berkunjung ke The Alana Hotel & Convention Center Solo,” terang Sistho A. SRESHTHO, ST, CHA, selaku General Manager The Alana Hotel & Convention Center Solo dalam press release yang diterima oleh Soloraya.id, Kamis (09/10/2020).

Baca Juga:  Cegah Covid-19, Guru, Staff dan Siswa Sekolah Jalani Rapid Test Sebelum dan Sesudah PTM

Tidak hanya itu, Sistho menambahkan bahwa bagi The Alana Hotel & Convention Center Solo, staff adalah aset paling berharga dalam operasional hotel dan hal tersebut ditunjukkan dengan diselenggarakannya Rapid Test bagi semua staff sebulan sekali. Melihat berbagai hal yang telah ditorehkan The Alana Hotel & Convention Center Solo inilah sehingga IHS menjadikannya sebagai satu-satunya tempat untuk diadakannnya Industry Visit for Instructor.

“Kami ingin mengetahui apakah terdapat hal-hal khusus atau perubahan terkait dengan SOP dari berbagi macam aspek, baik aspek secara umum maupun bidang-bidang tertentu. Adanya pandemi ini pastinya memiliki penyesuaian tersendiri terhadap SOP dan kondisi lapangan. Di situlah kami ingin belajar bagi instruktur kami yang nantinya dapat menjadi bekal untuk kami sampaikan kepada anak didik kami,” ujar Dwi Jatmiko Ari, A.Md.Kom., Teaching Learning Process Coordinator IHS Solo.

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Miko tersebut menuturkan alasan lainnya mengapa The Alana Hotel & Convention Center Solo menjadi proyek studi adalah karena kepercayaan masyarakat yang begitu besar dan kegiatan wisuda IHS yang dilangsungkan 24 September lalu. Diakui Miko, persiapan serta sarana prasarana yang disediakan oleh The Alana Hotel & Convention Center Solo membuatnya takjub karena hanya dengan melihat saja, ia merasakan bagaimana alur sebuah acara dapat berjalan dengan aman, nyaman, lancar, di kondisi pandemi ini.

Baca Juga:  Jasad Wanita Mengenaskan Di Mobil Di Sukoharjo Dibunuh Dan Sengaja Dibakar

Dalam kunjungan yang juga dihadiri oleh Direktur IHS Solo, Hani Iswandari, SE. serta Academic Manager, Amboro Wigatiningsih, S.Pd., para instruktur tidak hanya melihat bagaimana The Alana Hotel & Convention Center Solo yang tercatat sebagai hotel bintang empat terbaik se-Jawa Tengah memberlakukan protokol kesehatan, namun juga bagaimana kitchen menyajikan makanan dan minuman dengan aman hingga sampai ke meja tamu.

“Nantinya, anak-anak didik kami juga akan melakukan visitasi agar mereka juga mengerti, memahami, tidak hanya sekedar teori, tetapi langsung melihat ke lapangan,” tutup Miko.

Tags: , ,