Mengapa Harus Memakai Masker, Apa Manfaatnya?

Mengapa Harus Memakai Masker, Apa Manfaatnya?

Angka kumulatif kasus Covid-19 di Indonesia masih tinggi. Segala upaya dan usaha masih dilakukan untuk menekan jumlah kasus. Bahkan pemerintah daerah di beberapa tempat di Indonesia menerapkan denda pada warganya yang melanggar protokol kesehatan.

Seperti yang diketahui, virus Covid-19 masih menjadi musuh bersama. Namun, ada kedisiplinan yang bisa diterapkan dalam usaha untuk mengurangi penyebarannya. Di antaranya adalah dengan 3M, yaitu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak.

Namun, tanpa disadari, banyak orang yang bebal bahkan acuh tak acuh pada pentingnya penggunaan masker di saat pandemi Covid-19 seperti saat ini.

Mengapa Harus memakai Masker?

Kebiasaan menggunakan masker di Indonesia masih sangat jarang, apalagi karena iklim yang panas dan lembap bisa membuat penggunaan masker menjadi tidak nyaman. Namun, dari ketidaknyamanan ini justru bisa membantu terhindar dari penyakit yang secara tidak sengaja dari orang-orang di sekitar.

Terutama bagi pengguna transportasi umum yang sering berhimpitan dengan banyak orang, penggunaan masker sangat diperlukan. Bukan tak mungkin satu atau dua orang yang bersisian mengidap penyakit tertentu dan menular melalui udara. Hal ini tentunya bisa dicegah dengan penggunaan masker.

Baca Juga:  Ganjar Pranowo Meminta Pemerintah Mendaftarkan Kebaya ke UNESCO

Fungsi Masker Saat Covid-19

Indonesia dan juga banyak negara di dunia saat ini sedang dilanda oleh suatu virus yang sangat berbahaya dan sangat menular. Virus ini disebut virus Corona atau Covid-19.

Selama masa pandemi Covid-19, banyak kebiasaan baru yang harus dilakukan dalam kesehariannya. Salah satunya adalah kewajiban memakai masker bagi semua masyarakat.

Memakai masker menjadi hal penting bagi orang yang sakit untuk mencegah virus menyebar atau menular kepada orang lain.

Sementara bagi orang yang sehat, memakai masker juga menjadi penting karena dapat mencegah virus masuk ke tubuh melalui udara yang terkontaminasi.

Tindakan Pemerintah Dalam Pemakaian Masker

Pemerintah Indonesia secara resmi mewajibkan pemakaian masker apabila hendak keluar rumah, baik itu di tempat terbuka ataupun tempat tertutup yang banyak bertemu dengan orang lain.

Aturan ini dilaksanakan berdasarkan rekomendasi dari organisasi kesehatan dunia World Health Organization (WHO).

Masker tetap menjadi alat pelindung diri yang paling penting dan paling murah di tengah wabah virus Corona. WHO bahkan telah mengeluarkan rekomendasi mengenai hal ini.

Baca Juga:  Upacara Pembukaan Pospenas IX 2022 Solo di Stadion Manahan Berlangsung Meriah

WHO menegaskan, masker harus dipakai di tempat-tempat di mana virus tersebar luas dan masyarakat sulit untuk menerapkan jarak fisik.

Saat rapat terbatas dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 pada hari Senin (6/4/2020) silam, Presiden Joko Widodo menyampaikan, “Saya minta penyiapan masker ini sekarang ini betul-betul disiapkan dan diberikan kepada masyarakat karena kita ingin agar setiap warga yang harus keluar rumah wajib memakai masker karena di awal WHO menyampaikan yang pakai masker dulu hanya yang sakit, yang sehat enggak, tapi sekarang semua yang keluar rumah harus pakai masker”.

Jadi, semakin tinggi pemahaman masyarakat mengenai pentingnya penggunaan masker, maka akan semakin besar peluangnya untuk memperlambat atau bahkan menghentikan pandemi virus corona.

Sebagaimana yang sudah diketahui, penggunaan masker telah terbukti menjadi langkah paling penting dalam melawan penyebaran virus Corona atau Covid-19.

Tags: , ,