Mengenal Sosok Dibalik Trendingnya “Banyu Moto” di YouTube

Kehidupan ini ada skenarionya yang dirancang oleh sang Maha Kuasa. Layaknya skenario dalam kehidupan, munculah profesi sutradara dan penulis naskah yang merancang alur kehidupan dalam sebuah karya film. Kali ini, Soloraya.id berkesempatan melakukan wawancara eksklusif dengan salah satu pegiat film kota Solo.

Elang Haditama, seorang video director yang merangkap sebagai videographer, sekaligus juga penulis naskah. Awalnya dia belajar dunia sinematografi berdasarkan pengalaman, literatur-literatur yang dia peroleh dari berbagai sumber di internet hingga mengikuti beberapa workshop dari  sineas nasional, seperti Hanung Barmantyo hingga Joko Anwar.

Dari proses pembelajaran itu, dia menggabungkan fase-fase pembelajarannya sehingga saat dirinya mengerjakan sebuah projek film, dirinya bisa memberikan arahan kepada timnya, khususnya Director of Photography (DOP) untuk  menangkap alur dan adegan sesuai yang dia inginkan dan bisa menilai kalau ada kekurangan dari pengambilan gambar tersebut.

Elang mengaku bahwa dirinya sudah dikenalkan dengan dunia seni sejak kecil karena sang ayah sendiri adalah seorang dosen seni rupa. Sejak kecil dirinya sangat aktif dalam dunia seni, dari menggambar,  kemudian masuk dalam sanggar tari, hingga musik yang menjadi latar belakang akademisnya

Ketertarikannya dalam dunia sinematografi berawal saat  dirinya masuk ke jenjang SMP, saat itu dikenalkan dengan ekstrakulikuler teater dimana dirinya sangat aktif disana. Bahkan sampai sekarang, guru-gurunya yang mengajar dirinya masih mengenal sosoknya sebagai pemain teater yang handal.

Saat akan masuk kuliah dan ingin mempelajari dunia sinematografi lebih lanjut, dirinya terkendala biaya karena orangtuanya belum mampu untuk memberikan fasilitas pendukung berupa kamera. Namun tahun 2013 lalu, sebelum dirinya lulus kuliah, mimpinya untuk memegang kamera menjadi nyata dimana dia dipinjami oleh ayahnya kamera digital sederhana  untuk menunjang kreativitasnya dalam dunia film

Baca Juga:  Libur Panjang Tiba, Pemkab Klaten Minta Pelaku Wisata Tetap Terapkan Protap

“Kameranya sederhana dan harus diatur secara manual tapi yang penting buat saya saat itu bisa ngedit, ngambil gambar dan memahami basic kamera.”  Jelas Elang kepada Soloraya.id, Selasa (15/09/2020)

Dalam mengambil ide-ide cerita di setiap video sinema yang dia buat, dia mengambil referensi dari aliran-aliran 4 sutradara yang jadi inspirasinya, yaitu Christopher Nolan, Hanung Barmantyo, Joko Anwar dan Garin Nugroho yang memiliki alur absurd, historis,  sedikit vulgar dan saling berkaitan.

Perjalanannya dalam berkarya di dunia sinematografi beragam, mulai dari ikut kompetisi video dari  aplikasi ojek daring hingga terlibat dalam pembuatan film-film indie dari beberapa komunitas dan dirinya berperan sebagai asst. director.

Hingga akhirnya masa pandemi datang dan dirinya mendapatkan rejeki nomplok dengan dipercaya untuk mengerjakan projek video klip duet antara Nella Kharisma dan Dory Harsa “Banyu Moto” yang menjadi trending no 1 di YouTube saat dirilis pada 10 Juni silam.

Dirinya mengaku dalam video klip itu, dirinya menggabungkan film dengan musik. Tujuannya dia ingin mempertegas cerita dibalik lagu itu. “Saya ingin mempertegas saja cerita dari lagu tersebut dengan menggabungkan 2 unsur musik dan film itu, aku yang membuat cerita, talent [Dory dan Nella] yang menyanyikan dan memerankan” jelas Elang

Baca Juga:  Puskesmas Gambirsari Solo Tutup Sementara Imbas Satu Nakes Positif Covid-19

Dalam proses pembuatan video, Elang mengaku dirinya hanya perlu  sehari untuk merancang konsep, namun saat pengambilan gambar, banyak naskah yang berubah karena ide-ide baru yang  tiba-tiba muncul dari benaknya. Elang juga mengaku ada konfilik dengan timnya karena perubahan mendadak itu namun dengan melihat hasil yang tidak dia kira, timnya semakin percaya akan ide-idenya dalam membuat video klip

Hingga berita ini diturunkan, video klip “Banyu Moto” yang proses pembuatannya hanya menghabiskan waktu sehari saja ini telah berhasil meraup lebih dari 33 juta penonton digital di kanal YouTube Nella Kharisma Official. Sejak saat itu dirinya dipercaya untuk menggarap beberapa video klip Dory dan Nella dan yang terbaru ada “Jodo” yang dirilis pada 12 September silam dan berhasil meraup lebih dari 3 juta penonton digital dalam waktu 3 hari dan menduduki 10 besar trending YouTube.

Kunci keberhasilannya dalam membuat video klip adalah dia selalu mengambil cerita-cerita yang kerap terjadi di kalangan  masyarakat. Bahkan dirinya mengaku, saat dirinya di stasiun, dia melihat ada pasangan yang hendak berpisah dan menjalani hubungan jarak jauh. Dia datangi mereka dan dirinya bertanya bagaimana rasanya akan menjalani hubungan jarak jauh itu.

Tags: , , ,