Menkominfo Pastikan Pembelajaran Jarak Jauh Dapat Berjalan Dengan Lancar

Menkominfo Pastikan Pembelajaran Jarak Jauh Berjalan Lancar

Tahap pertama dari bantuan gratis dalam menyediakan kuota internet telah disalurkan ke masyarakat. Johnny G Plate, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) memastikan bahwa jaringan operator seluler untuk pembelajaran jarak jauh berjalan lancar.

“Dari sisi Kominfo, memastikan agar para operator seluler menjaga Quality of Service (QoS) bisa terjaga dengan baik, karenanya tentu setiap operator seluler yang ambil bagian program ini memperhatikan betul infrastruktur di tempat masing-masing,” ujar Johnny.

Dilanjutkan Johnny, dengan para penyelenggara telekomunikasi seluler memperhatikan QoS tersebut, maka kegiatan belajar online yang saat ini berlangsung dapat berjalan dengan baik.

“Karena ini akan berpengaruh besar terhadap proses belajar-mengajar dan Quality of Service. Kementerian Kominfo sendiri akan memperhatikan perluasan dan percepatan akses jaringan internet,” kata Menkominfo.

Baca Juga:  Ganjar Pranowo Meminta Pemerintah Mendaftarkan Kebaya ke UNESCO

Berbicara tentang akses internet 4G, Menkominfo menyatakan telah menyiapkan peta jalan yang disebut juga roadmap untuk menjangkau 12.548 desa dan kelurahan di Indonesia dengan 4G.

Hal ini bertujuan untuk menyediakan akses ke semua titik layanan publik di pemerintahan desa, puskesmas, dan sekolah agar dapat menggunakan jaringan Internet 4G.

“Untuk tahun 2021 Pemerintah sudah memberikan komitmen melalui intervensi fiskal. Kemarin saya baru saja selesai melakukan Rapat Kerja dengan Komisi I untuk disetujui pembangunan tahap pertama sebanyak 4.200 titik di 4.200 desa di Indonesia untuk 4G,” jelasnya

Seperti diketahui, bantuan kuota internet gratis ini akan kembali dibagikan setiap bulan hingga Desember 2020. Pemerintah memberikan subsidi kuota untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) 20 GB, Siswa 35 GB, guru PAUD dan SD, SMP, SMA mendapatkan 42 GB, kemudian mahasiswa dan dosen sama-sama memperoleh 50 GB per bulannya.

Tags: , ,