Menparekraf: Wisata Alam RI Risikonya Rendah Covid-19

Menparekraf: Wisata Alam RI Risikonya Rendah Covid-19

Wishnutama -Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif- mengklaim jika dibandingkan dengan negara-negara lain yang mengandalkan pariwisata modernitas, Indonesia bakal lebih aman dalam penyebaran Covid-19 karena mengandalkan pariwisata alam.

Pada hari Rabu (22/7/2020) kemarin, dalam diskusi virtual Reaktivasi Sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Memasuki Adaptasi Kebiasaan Baru, Wishnutama menuturkan, “Di era pandemi covid-19 ini. Ke depan salah satu yang paling diuntungkan adalah wisata alam. Karena wisata alam risikonya sangat rendah dan kebetulan Indonesia dalam hal ini dibandingkan negara-negara lain, kita memang kekuatannya adalah salah satu dalam wisata alam. Seperti kita lihat di Danau Toba, di Bali dan tempat-tempat lain”.

Ia menerangkan, “Kalau wisata yang sifatnya kota itu kurang diuntungkan dalam kondisi pandemi Covid-19, misalnya seperti Hong Kong, Singapura atau Sydney atau itu kota-kota tersebut cenderung beresiko tinggi untuk dikunjungi oleh wisatawan dalam kondisi covid-19”.

Baca Juga:  Perjalanan Satu Tahun Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin

Indonesia memiliki peluang lebih aman dalam karakteristik berwisata, maka pemerintah ke depan bakal lebih mengutamakan quality tourism dibanding pariwisata.

Tetapi, Wishnutama mengatakan bahwa masih banyak dari masyarakat yang salah persepsi dengan pariwisata berkualitas. Akibatnya, stigma yang ada justru mengarah kepada hal yang negatif.

Wishnutama menambahkan, “Persepsi orang-orang pada saat kita bicara quality tourism itu seperti Dubai, Singapura, yang gedung bertingkat tinggi dan lain sebagainya. Sebetulnya menurut kami quality tourism yang tidak melulu harus seperti gedung pencakar langit hotel dan lain sebagainya”.

Contohnya, lokasi seperti Bhutan, Maldives, Ko Samui, dan Halong Bay yang menawarkan pengalaman yang berbeda. Indonesia sangat mempunyai potensi yang luar biasa ke arah quality tourism.

Tags: , , ,