Merapi Luncurkan Awan Panas 1,5 Km ke Barat Daya

Merapi Luncurkan Awan Panas 1,5 Km ke Barat Daya

Pada hari Selasa (30/3/2021) sekitar pukul 07.06 WIB, Gunung Merapi yang terletak di perbatasan Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta kembali meluncurkan awan panas guguran.

Berdasarkan pemantauan oleh Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), awan panas itu tercatat di seismogram dengan amplitudo 60 mm dan durasi 135 detik.

Akibatnya, terjadi hujan abu di sejumlah desa di Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang.

Dalam keterangannya, Kepala BPPTKG Hanik Humaida mengatakan, “Jarak luncur kurang lebih 1.500 m ke arah barat daya. Angin bertiup ke utara”.

Edi Susanto selaku Plt Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang menyampaikan bahwa sementara warga menyebutkan hujan abu tipis terjadi di Desa Sewukan dan Paten.

Baca Juga:  Perangkat Desa Sragen Tewas Kena Jebakan Tikus

Edi menuturkan, “Beberapa desa di Kecamatan Dukun telah terjadi hujan abu tipis. Laporan masuk dari Desa Sewukan, Paten”.

Sampai saat ini, aktivitas Gunung Merapi sendiri masih berada di Level 3 atau siaga sejak dinaikan statusnya pada 5 November 2020 lalu.

Dengan status tersebut, potensi bahaya saat ini berupa guguran lava dan awan panas di sektor selatan-barat daya. Meliputi sungai Kuning, Boyong, Bedog, Krasak, Bebeng, dan Putih sejauh maksimal 5 kilometer. Sedangkan pada sektor tenggara yaitu sungai Gendol sejauh 3 kilometer.

BPPTKG mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan kegiatan apapun di daerah potensi bahaya dan selalu mewaspadai bahaya lahar terutama saat terjadi hujan di seputar Gunung Merapi.

Tags: , ,