Misteri Dibalik Indahnya Waduk Cengklik di Kota Susu Buatan Pura Mangkunegaran

Meski menyuguhkan pemandangan yang indah, Waduk Cengklik di Boyolali yang dibangun oleh Pura Mangkunegaran pada  tahun 1926 untuk tujuan irigasi pertanian ini ternyata menyimpan kisah misteri yang melegenda.

Lama-kelamaan, waduk yang saat ini beralih fungsi ke sektor pariwisata ini menyimpan kisah misteri seorang peri. Hal itu diungkap oleh pengelola akun Instagram @misterisolo, 31 Mei 2020 silam.

“Beberapa kisah mistis yang sampai sekarang masih sering menjadi buah bibir. Salah satunya tentang peri yang sering berinteraksi dengan beberapa masyarakat yang melewati waduk ini,” ujar dia.

Dalam unggahan tersebut dijelaskan pula wujud peri yang dimaksud, berupa perempuan cantik dan harum. Namun terkadang ada pula sosok peri yang berwujud menakutkan, seperti wajah rata, wajah hancur dan juga binatang buas.

Baca Juga:  DPT Pilkada Sukoharjo Berkurang Hampir 2000, Kok Bisa?

“Pada tahun 2017, waduk ini digemparkan dengan kisah seorang pengemudi motor yang tiba-tiba linglung ketika melewati waduk ini. Menurut kesaksiannya, sang pengendara motor tiba-tiba merasakan seorang perempuan membonceng motornya dan mulai mengajak bercakap-cakap. Dari situ pengendara motor tidak ingat lagi apa yang dialami sampai akhirnya tersadar masuk ke dalam sungai kecil di daerah Andong, 20 kilometer dari waduk ini,” ungkap dia.

Selain cerita sosok peri di Waduk Cengklik, adapula mitos mengenai tumbal yang masih beredar di tengah masyarakat. Konon, penunggu Waduk Cengklik Boyolali meminta tumbal nyawa setiap tahunnya. Hal ini dikaitkan  dengan adanya kasus orang tenggelam hingga mayat korban pembunuhan yang dibuang di Waduk Cengklik.

Baca Juga:  Pemkot Surakarta Beserta Elemen Masyarakat Serukan Anti Kekerasan dalam Beraspirasi

“Dari pemancing yang tenggelam sampai peristiwa pembunuhan yang mayatnya dibuang atau ditemukan di tempat ini merupakan hal yang rutin tiap tahunnya,” jelas dia.

Bahkan, beberapa orang juga kedapatan pernah membuang benda yang diduga keramat ke Waduk Cengklik ini. Hal tersebut sudah sering dilakukan oleh masyarakat sejak puluhan tahun yang lalu.

Tags: , ,