Mulai Juli Sampai Akhir Tahun, Naik Bus BST Di Solo Gratis

Mulai Juli Sampai Akhir Tahun, Naik Bus BST Di Solo Gratis

Layanan transportasi umum bus Batik Solo Trans (BST) dapat dinikmati gratis oleh masyarakat Kota Solo mulai bulan Juli sampai dengan akhir tahun 2020.

Pasalnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Solo dan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan merilis ulang layanan BST pada Sabtu (4/7/2020) mendatang. Peluncuran ulang ini terkait dengan penerapan program buy the servise atau pembelian layanan transportasi massal perkotaan yang membuat tarifnya menjadi gratis hingga bulan Desember yang akan datang.

Sebagai tambahan informasi, meski peresmian mengenai hal ini dilangsungkan pada hari Sabtu (4/7/2020), namun layanan tanpa biaya akan berlaku lebih awal, yaitu pada hari Rabu (1/7/2020)

Hari Prihatno -Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo, mengatakan kontrak buy the servis bus BST antara PT Bengawan Solo Trans dengan Kemenhub dilakukan pada hari Rabu sehingga tarif gratis berlaku mulai awal bulan Juli.

Baca Juga:  Hendak Transaksi Sabu di SPBU Bejen, Pemuda Ini Diciduk Polisi

Pada hari Minggu (28/6/2020) yang lalu, Hari menjelaskan, “Ketentuannya memang per awal Juli, tapi dengan beberapa pertimbangan peresmian dilakukan Sabtu. Tapi yang jelas BST Koridor 3 dan 4 bebas biaya sampai Desember. Selama tiga hari uji coba sebelum peluncuran ulang akan ada evaluasi guna melengkapi sarana dan prasarana pendukung”.

Meski untuk BST Koridor 3 dan 4 tidak dipungut biaya, namun untuk Koridor 1 dan 2 belum berlaku mengenai aturan tersebut. Hal ini dikarenakan belum siapnya armada yang digunakan. Pihak Kemenhub menginginkan bus ukuran medium yang berkapasitas 40 kursi.

Saat ini, PT BST sendiri sedang menyiapkan sejumlah fasilitas yang mendukung dalam jelang uji coba dan peluncuran ulang. Pihak BST bersiap untuk memasang GPS, CCTV, hingga peranti pelengkap untuk protokol kesehatan.

Baca Juga:  Dua Pedagang Positif Covid-19, Pasar Gede Solo Tak Ditutup

Sri Sadadmojo -Direktur PT Bengawan Solo Trans- menjelaskan upaya rebranding bus BST setelah penerapan program buy the servis dengan tarif gratis adalah memasang stiker tokoh wayang orang di bodi bus.

Sri Sadadmojo mengatakan, “Kami masih terus menyiapkan. Bus Koridor 3 dan 4 yang dioperasikan lebih awal masih pakai armada lama. Nah di Koridor 1-2 karena belum mulai, masih pakai tarif normal”.

Tags: , , ,