Mulai Senin Depan, Pura Mangkunegaran Dibuka Kembali Dengan Harga Tiket Yang Berbeda

Pura Mangkunegaran Solo Dibuka Kembali Senin, Tiketnya Naik

Pura Mangkunegaran Solo dibuka kembali untuk menerima wisatawan mulai Senin depan. Setelah ditutup sekitar 5 bulan karena pandemi COVID-19.

Wisatawan baik dari domestik maupun mancanegara bisa masuk. Pembukaan Pura Mangkunegaran di era new normal adalah dengan menerapkan protokol kesehatan yang telah ditentukan.

Pengelola bersama Dinas Pariwsata Kota Solo bekerjasama dengan Asita melakukan simulasi penerimaan pengunjung di Pura Mangkunegaran pada Sabtu (11/07/2020). Ditemui di lokasi, Humas Pura Mangkunegaran, Joko Pramudya, menjelaskan bahwa sebelumnya telah bertemu dengan pemerintah dan telah diberikan lampu hijau untuk dibuka kembali.

“Tanggal 18 Juni kemarin, kami ada pertemuan dengan Dinas Pariwisata Kota Solo. Kami sudah diberikan lampu hijau untuk dibuka. Makanya, baru hari ini terealisasi untuk menerapkan simulasi new normal,” jelasnya.

Menurut Joko, kapasitas jumlah pengunjung yang dapat masuk ke Pura Mangkunegaran sekarang dibatasi. Di mana 1 pemandu wisata hanya dapat membawa maksimal 10 orang pengunjung.

Baca Juga:  Penyelidikan Masih Bekerja, Pelaku Pembunuhan Yulia Lebih Dari Satu Orang?

“Pembatasan rombongan agar dapat masuk ke Pura Mangkunegaran untuk 1 pemandu wisata maksimal 10 orang, itu sudah ada aturan tertulis dari Sri Paduka,” ungkap Joko. Selain itu, untuk durasi kunjungannya hanya berkisar antara 45 menit hingga 1 jam saja.

Tiket Pura Mangkunegaran Solo naik
Selain itu, Joko mengatakan bahwa untuk harga tiket pengunjung per 1 Oktober, ada perubahan harga. Untuk tiket domestik yang semula dari Rp 10.000 menjadi Rp 20.000, kemudian untuk wisatawan mancanegara naik dari Rp 20.000 menjadi Rp 40.000. Ini menyesuaikan dengan pemeliharaan wilayah Pura Mangkunegaraan.

“Mulai hari Senin besok, Pura Mangkunegaran mulai menerima wisatawan pada jam buka seperti biasa sebelum adanya COVID-19. Jadi mulai dari jam 08.00-15.00 WIB. Ibu hamil, lansia, dan anak di bawah usia 15 tahun tidak boleh masuk. Pengunjung yang tidak menggunakan masker juga mohon maaf tidak boleh masuk,” tuturnya.

Baca Juga:  Kapolsek Klaten Kota Digugat Karena Menahan Penangkap Maling Sepeda

Salah satu pengunjung yang mengikuti acara simulasi, Dewi, sangat senang bisa mengunjungi Pura Mangkunegaran lagi. Dia merindukan suasana damai di tempat itu.

“Memang agak sedikit aneh ya kita dengan adanya protokol, biasanya kita datang ya datang aja langsung. Tapi kita mau nggak mau harus ikut protokol kesehatan di new normal ini. Yang penting masih bisa jalan jalan”, kata Dewi.

“Suasananya damai dan tenang, dengan bangunan yang megah seperti ini. Tentunya siapapun merasa senang bisa datang dan berwisata ke Pura Mangkunegaran ini”, tambah dia.

Tags: , ,