Muncul Lagi Klaster Perkantoran Di Karanganyar

Muncul Lagi Klaster Perkantoran Di Karanganyar

Dari perkantoran wilayah Jl Lawu, Karanganyar, klaster baru penyebaran Covid-19 muncul.

Sebanyak 11 orang terkonfirmasi positif Covid-19 dari klaster perkantoran tersebut.

Pada hari Jumat (30/10/2020) kemarin, Juliyatono selaku Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Karanganyar sekaligus Bupati Karanganyar membenarkan kabar tersebut.

Yuli sapaan akrab Bupati Karanganyar itu, menjelaskan bahwa kasus tersebut tidak masuk lingkungan Pemkab Karanganyar.

Kasus pertama terkonfirmasi positif Covid-19 dari klaster kantor tersebut muncul pada awal Oktober.

“Bukan kantor dinas. Kondisi mereka (terkonfirmasi positif Covid-19) sehat (tanpa gejala) dan menjalani isolasi mandiri. Dari kantor itu ada 11 orang terkonfirmasi,” ujarnya.

Klaster persebaran Covid-19 dari perkantoran Jl Lawu Karanganyar itu bermula dari satu orang dari Jember dan bekerja di kantor tersebut.

“Dugaan kami ia terpapar dari asalnya (Jember),” tambah Yuli.

Orang nomer satu di Karanganyar itu bercerita mengenai proses awal sehingga muncul klaster kantor tersebut.

Menurut Yuli, kantor tersebut menyelenggarakan tes cepat atau rapid test mandiri.

Dari hasil tes diketahi terdapat dua orang yang reaktif. Kemudian dari hasil tersebut ditindaklanjuti dengan tes swab. Satu orang terkonfirmasi positif Covid-19.

Ia menambahkan, “Dinas Kesehatan Karanganyar melacak kontak erat rekan kerja satu ruangan. Hasilnya, satu orang terkonfirmasi positif Covid-19. Hasil keluar Senin (26/10/2020) lalu”.

Pelacakan pada kasus Covid-19 klaster perkantoran Jl Lawu, Karanganyar, itu berlanjut ke kontak erat dan keluarga dari orang kedua yang terkonfirmasi. Alhasil ada sembilan orang terkonfirmasi positif Covid-19.

“Hasil swab keluar Selasa (27/10/2020)”, jelasnya..

Total 11 orang yang positif Covid-19 tersebut kini sudah menjalani isolasi mandiri sejak mereka melaksanakan tes swab.

Mereka menjalani isolasi secara mandiri karena tidak memiliki gejala.

Dari jumlah tersebut, satu orang tercatat sebagai warga Kabupaten Sukoharjo dan sisanya adalah warga Karanganyar.

Sementara itu, Dinas Kesehatan Karanganyar sudah melaksanakan tes swab terhadap 106 orang termasuk keluarga terkonfirmasi positif Covid-19 dari klaster perkantoran itu secara bertahap.

Berikutnya, Dinkes Karanganyar akan melaksanakan tes swab terhadap kontak erat rekan kerja dan keluarga dari sembilan orang terkonfirmasi positif Covid-19.

Yuli menerangkan, “Kami cek dulu yang kontak keluarga ini. Saya juga harus memastikan apakah seluruh pegawai kantor itu sudah uji swab semua atau hanya yang kontak erat. Yang jelas, prioritas kontak erat”.

Bupati Karanganyar juga memastikan bahwa pelayanan di perkantoran yang menjadi klaster persebaran Covid-19 Karanganyar tersebut tidak terganggu. Terlebih saat ini sedang libur.

Mengenai 11 orang yang terkonfirmasi positif Covid-19, Yuli menyampaikan pengawasan dilakukan pimpinan kantor tersebut dan puskesmas setempat di mana karyawan tersebut tinggal.

“Kalau kantor tidak perlu ditutup. Kan bertepatan dengan libur panjang. Cukup disemprot disinfektan saja. Senin pelayanan kembali tetapi protokol kesehatan lebih ketat,” tandasnya.

Tags: , ,