Mutasi Covid-19 B.1.1.7 Sudah Masuk Indonesia, Kenali Gejalanya!

Mutasi Covid-19 B.1.1.7 Sudah Masuk Indonesia, Kenali Gejalanya!

Mutasi virus Covid-19 dari Inggris atau B.1.1.7 sudah masuk ke Indonesia.

Dante Saksono Harbuwono -Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes)-menyebut bahwa pemerintah menemukan dua kasus B.1.1.7 pada hari Senin (1/3/2021) malam.

Pada acara “Inovasi Indonesia untuk Indonesia Pulih Pasca Pademi” hari Selasa (2/3/2021) lalu, Dante menuturkan, “Ini fresh from the oven baru tadi malam ditemukan dua kasus”.

Ia menambahkan bahwa pemerintah telah memeriksa 462 kasus dalam beberapa bulan terakhir. Dari proses itu, ditemukan dua kasus mutasi virus corona tersebut.

Sebuah penelitian menemukan sejumlah gejala yang lebih sering terjadi pada pasien Covid-19 varian baru di Inggris. Gejala itu adalah batuk, sakit tenggorokan, dan rasa kelelahan.

Berbeda dengan gejala Covid-19 umumnya, pada varian baru virus corona Inggris, gejala kehilangan rasa atau penciuman disebut hanya sebagian kecil kemungkinannya.

Sejumlah ahli menyebut, pergeseran gejala mungkin didorong oleh sifat varian yang lebih menular dan menyebar lebih cepat di tubuh

Sementara itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta masyarakat untuk tak merasa khawatir dengan ditemukannya kasus positif virus corona varian baru tersebut.

Ia menyebut, bahwa dua orang pasien yang semula terpapar virus mutasi baru itu kini sudah dinyatakan sembuh.

Dalam tayangan video Youtube Sekretariat Preside pada hari Kamis (4/3/3021), Jokowi mengatakan, “Saya mengimbau kepada bapak, ibu, dan saudara-saudara semuanya untuk tidak perlu khawatir karena ditemukannya dua kasus positif Covid-19 dengan mutasi virus corona dari Inggris atau B.1.1.7, dua orang yang terpapar varian baru tersebut saat ini sudah negatif”.

Selain itu, menurut Jokowi, belum ada bukti ilmiah yang mengatakan bahwa virus varian baru ini lebih berbahaya.

“Dan belum ada penelitian yang menunjukkan bahwa varian baru ini lebih mematikan”, katanya lagi.

Meski begitu, Jokowi meminta kepada semua pihak untuk melakukan upaya pencegahan agar penyebaran virus mutasi ini tak meluas.

Ia juga mewanti-wanti masyarakat disiplin menerapkan 3M yakni memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

Tags: , ,