Nekat Gelar Balap Liar di Solo, Siap-siap Dipenjara 2 Bulan

Nekat Gelar Balap Liar di Solo, Siap-siap Dipenjara 2 Bulan

Seperti yang telah diberitakan sebelumnya, video aksi kebut-kebutan pengendara sepeda motor di Jalan Slamet Riyadi, Solo, sempat viral di sosial media.

Dalam rekaman video yang di-upload oleh akun istagram @jelajahsolo hari Minggu (11/4/2021) itu, terlihat segerombolan pengendara sepeda motor yang memacu kendaraannya setelah lampu merah.

Pihak kepolisian sendiri telah mengamankan sepeda motor, dan masih melakukan penelusuran mengenai pemilik kendaraan tersebut.

Terkait dengan hal itu, polisi akan bersikap tegas kepada para pelaku balap liar yang kerap memanfaatkan jalanan di Kota Solo.

Kompol Adhytiawarman Gautama Putra selaku Kasatlantas Polresta Solo menyampaikan bahwa pelaku balap liar sendiri akan dijerat dengan Pasal 503 ayat (1) KUHP.

Pada hari Senin (12/4/2021), Adhytia menuturkan, “Jadi barang siapa membuat riuh atau ingar pada malam hari sehingga membuat orang terganggu dari tidur. Selain itu, juga dijerat dengan pasal tentang lalu lintas”.

Pihaknya menjelaskan bahwa ancaman pidana di pasal tersebut yakni kurungan penjara selama dua bulan.

Ia juga menambahkan selama ini pelaku balap liar kerap memanfaatkan Jalan Adi Sucipto, Jalan A Yani, dan Jalan Slamet Riyadi.

“Kemarin itu, kami berjaga di Kawasan Jalan A Yani dan Jalan Adi Sucipto. Namun mereka justru melakukan balapan liar di Jalan Slamet Riyadi,” katanya.

Ia menyebut bahwa pelaku balap liar sangat membahayakan dirinya maupun pengendara jalan lain.

Polisi, kata dia, tidak akan segan untuk menindak adanya aksi balap liar selama bulan Ramadhan.

Tags: , ,