Operasi Masker Siap Sasar Perkampungan di Solo

Operasi Masker Siap Sasar Perkampungan di Solo

Bertujuan untuk memutus persebaran Covid-19, operasi protokol kesehatan di Kota Solo terus digencarkan.

Bahkan operasi tersebut rencananya akan menyasar perkampungan di lima kecamatan di Kota Solo.

Arif Darmawan selaku Kepala Satpol PP Kota Solo menegaskan bahwa operasi masker akan tetap digencarkan dan mengupayakan seluruh titik di Kota Solo bakal tersentuh operasi masker.

Pada hari Minggu (18/10/2020) kemarin, Arif menuturkan, “Kami akan terus menggencarkan operasi masker, karena ini penting dalam pemutusan rantai persebaran Covid-19 sesuai dengan imbauan Pemkot. Bahkan nantinya akan ada operasi yang menyasar di perkampungan”.

Pihaknya menjelaskan bahwa nantinya akan mengandalkan linmas dalam menegakkan protokol kesehatan di perkampungan. Pada awalnya, masyarakat akan diberikan sosialisasi. Setelah itu baru ada teguran dan sanksi jika ada pelanggaran di perkampungan.

Ia juga menjelaskan, bahwa dalam dua bulan terakhir ini pihaknya sudah melakukan operasi penegakan protokol kesehatan. Dan mayoritas operasi itu dilakukan di jalan protokol. Selain itu ada di beberapa tempat keramaian seperti pusat perbelanjaan, mal, hingga pasar.

Arif menambahkan, “Untuk operasi di jalan langsung kami berikan sanksi. Sanksinya berupa membersihkan sampah, karena memang aturannya seperti itu,” ujar Arif.

Arif mengatakan bahwa sudah ada peningkatan kesadaran masyarakat terkait penggunaan protokol kesehatan.

Ia menyebut bahwa rata-rata pelanggar beberapa waktu lalu mencapai 30 60 hingga 70 orang. Tetapi kini pelanggar sudah berkurang menjadi sekitar 30 orang.

“Biasanya kami dibantu oleh TNI, Polri, dan Kejaksaan dalam menggelar operasi ini. Tadi pagi kami juga melakukan operasi masker di area Stadion Manahan”, tandasnya.

Tags: , ,