Operasional Rumah Sakit Lapangan Solo Tinggal Tunggu Izin KSAD

Operasional Rumah Sakit Lapangan Solo Tinggal Tunggu Izin KSAD

Untuk informasi, rumah sakit lapangan darurat di Benteng Vastenburg Solo telah selesai dibangun oleh Tenatara Nasional Indonesia (TNI).

Seperti yang diketahui, rumah sakit lapangan tersebut akan dikhususkan untuk pasien Covid-19 bergejala ringan hingga sedang.

Kolonel Inf Rano Tilaar -Komandan Korem 074 Warastratama Solo- menyampaikan bahwa pengoperasian rumah sakit itu tinggal menunggu izin dari Kepala Staf TNI angkatan Darat (KSAD).

Pada hari Senin (8/2/2021) kemarin, Rano menuturkan, “Nanti KSAD yang akan memutuskan kapan rumah sakit ini dioperasikan”.

Rano menjelaskan, bahwa pembangunan rumah sakit lapangan itu sudah 100 persen selesai.

Pembangunan rumah sakit lapangan tersebut telah dimulai pada 21 Januari lalu.

Rano menambahkan, bahwa saat ini pihaknya telah menyiapkan tenaga kesehatan yang akan ditugaskan di rumah sakit tersebut.

Baca Juga:  Nur Kholid Syaifullah Jadi Penerus Ahmad Sukina Pimpin MTA

Menurut Rano, tenaga kesehatan yang akan ditugaskan di tempat tersebut perlu untuk adaptasi dengan kondisi rumah sakit lapangan yang memiliki bangunan berbeda dengan rumah sakit biasa.

Walaupun memiliki bangunan berupa tenda, rumah sakit lapangan yang dibangun di benten peninggalan Belanda itu juga akan memiliki fasilitas seperti layaknya rumah sakit pada umumnya.

Di antaranya adalah ruang perawatan pasien yang dilengkapi pendingin ruangan, alat dekontaminasi, ruang ICU, laboratorium serta tenda tenaga kesehatan.

Sebagai tambahan informasi, rumah sakit lapangan darurat itu direncanakan mampu menampung sebanyak 100 pasien Covid-19 bergejala ringan dan sedang.

Tenaga kesehatan yang dikerahkan juga mencapai 100 orang yang akan dibagi dalam beberapa shift.

Tags: , ,