Panglima TNI Hadi Tjahjanto Resmi Jadi Ketua MWA UNS

Panglima TNI Hadi Tjahjanto Resmi Jadi Ketua MWA UNS

Marsekal Hadi Tjahjanto selaku Panglima TNI terpilih menjadi Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) periode 2020-2023.

Pada hari Senin (2/11/2020) lalu, pemilihan tersebut diselenggarakan melalui musyawarah mufakat yang digelar di Gedung Rektorat UNS, Solo.

Sebelum mengemban tugas sebagai ketua MWA, Hadi Tjahjanto merupakan Ketua Dewan Penyantun UNS.

Hadi Tjahjanto adalah Ketua Majelis Wali Amanat pertama untuk UNS, setelah UNS ditetapkan sebagai Perguruan Tinggi Negara Berbadan Hukum (PTN-BH).

Hal tersebut tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 56 Tahun 2020 Tentang Perguruan Tinggi Badan Hukum Universitas Sebelas Maret (PTN-BH UNS) yang dikeluarkan 6 Oktober 2020.

Jamal Wiwoho -Rektor UNS- menuturkan, “Kami ini, setelah PTN BH punya empat organ dan MWA yang paling krusial. Dan, kita bisa menyelesaikan pemilihan dengan musyawarah mufakat menetapkan 17 anggota MWA dengan baik. Oleh karena itu, saya mengucapkan terima kasih, setelah itu kami kirim ke menteri untuk mendapatkan penetapan dari Kemendikbud”.

Baca Juga:  Pemkot Solo Larang Kegiatan Perayaan Pergantian Tahun

Sejak PP tentang PTN-BH diterbitkan, UNS telah melakukan perbaikan susunan organisasi demi menyesuaikan aturan yang tertuang dalam PP tersebut.

Salah satunya adalah berkaitan dengan isi aturan yang tercantum dalam pasal 24 soal struktur Majelis Wali Amanat, Senat Akademik, Pemimpin atau Rektor dan Dewan Profesor yang harus masuk dalam struktur organisasi UNS.

Dalam PP tersebut juga menjelaskan bahwa Majelis Wali Amanat memiliki beberapa tugas dan kewenangan strategis.

Antara lain adalah untuk menyetujui usul perubahan statuta UNS dan juga menetapkan kebijakan umum UNS.

Tidak hanya itu, Ketua MWA juga memiliki kewenangan untuk mengesahkan rencana induk pengembangan, rencana strategis dan rencana kerja serta anggaran tahunan kampus tersebut.

Baca Juga:  Jika Tak Patuhi Prokes, FX Rudy Bakal Ancam Tutup Warung Makan Selama Sebulan

MWA bahkan memiliki kewenangan untuk mengangkat dan memberhentikan rektor serta melaksanakan pengawasan dan pengendalian umum atas pengelolaan nonakademik UNS.

Tags: , ,