Pasangan Bajo Tak Mau Gugat Hasil Pilkada Solo ke MK, Apa Alasannya?

Pasangan Bajo Tak Mau Gugat Hasil Pilkada Solo ke MK, Apa Alasannya?

Terkait hasil Pilkada Solo 2020, pasangan independen Bagyo Wahyono-Fx Supardjo (Bajo) memutuskan memilih untuk tidak mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Keputusan tersebut disampaikan langsung oleh Ketua Tim Pemenangan Bajo yakni Sigit Prawoso.

Pada hari Minggu (17/1/2021) lalu, Sigit mengatakan, “Sengaja tidak melakukan gugatan ke MK tapi tetap menyampaikan Tikus Pithi Hanata Baris tetap hadir di tengah masyarakat”.

Menurutnya, jika pihaknya mengajukan gugatan Pilkada Solo 2020 ke MK, hal itu merupakan sebagai sesuatu hal yang sia-sia.

Sigit menuturkan, “Perjalanan Pilkada Solo 2020 kemarin saja kita berhadapan dengan sebuah kekuasaan. Itu artinya kalau dilakukan juga akan sia-sia”.

Namun pihaknya berharap bahwa proses yang berjalan selama perhelatan pesta demokrasi lima tahunan itu bisa menjadi pembelajaran.

Baca Juga:  Pidato Perdana Gibran Sebagai Wali Kota: Kebut Vaksinasi dan Pulihkan Ekonomi Solo

Apalagi, organisasi kemasyarakatan (ormas) pendukung Bajo, Tikus Pithi Hanata Baris ancang-ancang meramaikan Pilpres 2024.

“Lebih baik belajar dan menjadi pengalaman. Yang ada persiapan yang lebih baik untuk Pilpres 2024. Kami akan muncul lagi dengan tatanan yang berbeda,” ujarnya.

Seperti yang diketahui, penetapan pasangan Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa sebagai pemenang Pilkada Solo 2020 akan diselenggarakan pada hari Kamis (21/1/2021) mendatang.

Acara tersebut akan dilakukan di salah satu di Solo.

Untuk informasi, pasangan calon yang diusung oleh PDIP, Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa memenangkan Pilkada 2020 dengna berhasil meraup 225.451 suara atau 86,55 persen.

Sementara itu, Kapolresta Solo juga telah meminta kepada masyarakat untuk tidak berlebihan dalam merayakan penetapan hasil pilkada Solo.

Baca Juga:  Gibran Dilantik Jadi Wali Kota, Ini Harapan PKS Solo

Termasuk, kegiatan untuk mengekspresikan kemenangan melalui konvoi kendaraan.

Tags: , ,