Pasar Purwosari Solo Mulai Dibangun Pekan Ini

Pasar Purwosari Solo Mulai Dibangun Pekan Ini

Setelah tertunda selama setahun, pembangunan Pasar Purwosari Solo akan dimulai pada pekan ini.

Pasar tersebut dibangun ulang lantaran kondisinya sudah tidak layak.

Pasar Purwosari Solo sedianya direvitalisasi pada tahun lalu menggunakan dana dari pusat, namun refokusing anggaran membuyarkan rencana itu.

Pembangunan lantas menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2021.

Heru Sunardi selaku Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Solo menyampaikan bahwa refokusing anggaran dari pusat merupakan dampak Pandemi Covid-19.

Pada hari Senin (12/4/2021) kemarin, Heru menuturkan, “Rencananya dulu kan April juga mulai bangun ternyata keburu Pandemi. Karena bangunan sudah dirobohkan, pedagang sudah pindah ke pasar darurat, kami mengalihkan anggaran pembangunan ke APBD”.

Proses lelang yang dimulai pada bulan Februari lalu sudah rampung dilakukan. Pada hari Senin ini, pemenang lelang menandatangani kontrak sehingga tahapan pembangunan Pasar Purwosari bisa segera dimulai.

Pembangunan Pasar purwsari Solo sendiri ditarget akan rampung pada bulan Oktober nanti.

“Pedagang diharapkan setelah Oktober selesai, langsung tarik masuk ke pasar yang baru. Pasar darurat itu langsung dilelang, jalannya sudah bersih. Pedagang sudah mengetahui pembangunannya tertunda karena Covid-19. Cuma setelah dibatalkan itu, mereka tanya kapan? Kami jamin pada 2021 dengan APBD,” katanya.

Diberitakan sebelumnya, pada hari Sabtu (27/3/2021), Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Men PUPR) yakni Basuki Hadimoeljono meninjau langsung terkait proyek pengerjaan Pasar Legi Solo.

Saat meninjau, Basuki ditemani oleh Gibran Rakabuming Raka selaku Wali Kota Solo dan Dirjen Cipta Karya yakni Diana Kusumastuti.

Pembangunan Pasar Legi di Solo ditargetkan selesai pada Oktober 2021 meskipun kontrak pembangunan sampai November 2021. Basuki telah meminta agar pembangunan Pasar Legi dipercepat.

Basuki mengatakan, “Ini progres-nya sudah lebih 5 persen lebih cepat dari rencana. Seharusnya 20 persen tapi sekarang sudah mencapai 25,9 persen”.

Meski progres pembangunannya sudah cepat, tetapi pihaknya akan diminta lebih cepat lagi.

Apalagi Gibran berharap September bisa selesai tapi ditawar Oktober sudah harus selesai.

“Saya minta lebih cepat, Pak Wali Kota minta September bisa selesai, tapi ditawar Oktober selesai,” kata Basuki

Tags: , ,