Pasien di Ruang Isolasi di Karanganyar Mulai Berkurang

Pasien di Ruang Isolasi di Karanganyar Mulai Berkurang

Selama pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), jumlah pasien Covid-19 yang menempati ruang isolasi di Karanganyar diklaim alami penurunan yang signifikan.

Tercatat, hingga pekan ketiga bulan Februari 2021, jumlah pemakaian ruang isolasi tidak sampai 50% dari total 240 tempat di beberapa rumah sakit rujukan Covid-19.

Berdasarkan data dari akun instagram @dinkeskaranganyar, per hari Sabtu (20/2/2021) lalu, jumlah total pasien Covid-19 yang masih menjalani perawatan dan isolasi mandiri adalah sebanyak 260 orang.

Sementara 194 orang dirawat di rumah sakit dan sebanyak 111 orang menjalani isolasi secara mandiri.

Dwi Rusharyati selaku Kabid Pelayanan Kesehatan Dinkes Karanganyar menyampaikan bahwa kuota tempat tidur isolasi di Karanganyar ada 240 unit.

Baca Juga:  Pidato Perdana Gibran Sebagai Wali Kota: Kebut Vaksinasi dan Pulihkan Ekonomi Solo

Dari jumlah itu, 105 unit diantaranya terisi dan 135 sisanya kosong.

Banyaknya tempat tidur kosong di ruang isolasi sudah terjadi sejak dua pekan terakhir.

Pada hari Minggu (21/2/2021) kemarin, Dwi menuturkan, “Kami sebelumnya itu seperti berkejaran dengan waktu karena banyak yang penuh tempat tidurnya. Kami juga membantu agar pasien mendapatkan tempat perawatan dengan rujukan. Tapi sekarang sudah bisa sedikit bernapas karena tempat tidur banyak yang kosong”.

Dwi menyebut bahwa kondisi tersebut juga sebagai salah satu dampak dari adanya PPKM jilid I, II, dan mikro.

Tidak hanya itu, adanya program vaksinasi juga dinilai membantu penurunan tingkat keterisian tempat tidur di ruang isolasi di Karanganyar.

Baca Juga:  Kubah Lava Misterius di Tengah Kawah Gunung Merapi Akhirnya Terpantau

“Kami rasa memang ini juga hasil dari PPKM. Makanya bisa turun jumlah keterisiannya,” ujarnya.

Sementara itu, Kristanto -Kabid Pelayanan Medis RSUD Karanganyar- menambahkan bahwa dari total 132 tempat tidur di ruang isolasi yang tersedia, 71 yang terisi.

Kondisi tersebut kontras dibandingkan sebelum PPKM yang selalu terisi penuh.

Kristanto mengatakan, “Kondisi saat ini memang menurun jumlah pasien Covid-19 yang dirawat di RSUD Karanganyar. Sebelumnya itu pasti 100 persen terisi ruang isolasinya”.

Tags: , ,