PDIP Pecat Cawabup Klaten Harjanta yang Maju Pilkada 2020 Lewat Partai Lain

PDIP Pecat Cawabup Klaten Harjanta yang Maju Pilkada 2020 Lewat Partai Lain

Calon Wakil Bupati Klaten, Harjanta (HJT) dipecat oleh DPP PDIP lantaran dianggap membangkang karena maju menggunakan partai lain.

Yang bersangkutan mendampingi Calon Bupati Klaten Arif Budiyono (ABY) yang didukung PAN, PKB, PPP, dan Partai Nasdem dengan total 10 kursi di DPRD Klaten.

Heti Purwani selaku Wakil Ketua DPC PDIP Klaten membacakan SK DPP PDIP bernomor 71/KPTS/DPP/X/2020, tentang pemecatan Drs. Harjanta, S.E., M.Pd dari keanggotaan PDIP.

Harjanta selama ini menjabat menjadi Wakil Ketua DPC PDIP Klaten

Pada hari Rabu (21/10/2020) kemarin, Heti menuturkan, “Harjanta tidak patuh dan tidak melaksanakan instruksi partai”.

Ia juga menjelaskan bahwa ketidakpatuhan Harjanta terhadap instruksi partai dibuktikan bahwa yang bersangkutan mencalonkan diri sebagai Calon Wakil Bupati pada Pilkada Klaten 2020 dari partai lain.

“Berdasarkan SK DPP, saudara Harjanta resmi dipecat dari PDIP karena tidak melaksanakan instruksi partai lain,” ujarnya.

Heti juga meminta kepada semua kader PDI Perjuangan untuk menaati instruksi DPP PDIP tersebut.

Heti menegaskan kepada kader-kader banteng Klaten untuk kembali merapat dalam barisan untuk memegang teguh menjalankan instruksi DPP.

“Bagi siapa yang mengaku kader tapi tidak patuh dengan instruksi dan rekomendasi partai, maka dia bukan lagi kader PDIP”, jelasnya.

Sementara itu, Harjanta enggan menanggapi terkait pemecatan dirinya sebagai kader PDI-P.

“Sementara no comment dulu,” jawabnya dengan singkat.

Sebelum mendampingi Arief Budiyono, Harjanta pernah mendaftar diri sebagai bakal calon wakil bupati Klaten melalui PDI-P.

Namun saat itu, yang terpilih sebagai bakal calon wakil bupati Klaten saat itu, Aris Prabowo, dan digantikan oleh Yoga Hardaya, Ketua DPD II Golkar Klaten.

Jelang pendaftaran calon bupati dan wakil bupati Klaten, Harjanta yang merupakan mantan Kepala Desa Karanganom 2 periode dipinang oleh sejumlah partai untuk menemani mantan ASN Kementerian PUPR RI, Arief Budiyono.

Tags: , ,