Pedagang Takjil Menjamur, Satpol PP Lakukan Pengawasan

Pedagang Takjil Menjamur, Satpol PP Lakukan Pengawasan

Untuk memastikan makanan takjil yang dijual higienis, bersih, sehat, dan layak konsumsi.

Pemerintah Kota (Pemkot) Solo akan mengawasi aktivitas pedagang takjil dan menu buka puasa yang tersebar di berbagai titik di Solo selama bulan Ramadhan.

Pada hari Selasa (13/4/2021), Arif Darmawan selaku Kepala Satpol PP Solo mengatakan, “Pengawasan pada sejumlah pedagang kuliner gerobak maupun PKL akan terus dilakukan selama Ramadhan”.

Menurutnya, pengawasan diperlukan agar para pedagang kuliner tetap mengutamakan sajian penanganan yang layak konsumsi mengingat pandemi Covid-19 masih belum usai.

Pengawasan yang dilakukan tentu tidak sedetail dinas lain yang khusus bergerak dalam pengawasan makanan.

Arif menjelaskan, “Kami tidak hanya akan mengawasi lokasi mereka berjualan tapi juga ikut mengawasi tentang kelayakan makanan yang dijajakan ke masyarakat”.

Baca Juga:  Digelar Hybrid dari Solo, IMF 2021 Usung Tema Kebhinekaan

Pihaknya menyampaikan yang paling utama dalam penjual takjil pedagangnya harus tertib dalam mengenakan masker.

Kemudian penyajian tidak langsung menggunakan tangan terbuka tetapi bisa menggunakan sarung tangan dan sejenisnya agar lebih higienis.

“Tidak hanya penjual takjil yang kami awasi. Penjual makanan di lokasi kuliner yang ada di Solo kita juga awasi,” tegasnya.

Pihaknya juga menyampaikan bahwa bakal rutin keliling sembari mengingatkan pedagang kuliner untuk mematuhi aturan yang sudah ditentukan.

Aturan tersebut, diantaranya memakai masker, pengaturan jarak tempat duduk pelanggan, dan lain sebagainya.

Sementara itu, Dinas Perdagangan (Disdag) Solo mengimbau pada penjual takjil musiman selama ramadan untuk mematuhi aturan berjualan. Aturan tersebut diantaranya tidak mengganggu arus lalu lintas.

Baca Juga:  Digelar Hybrid dari Solo, IMF 2021 Usung Tema Kebhinekaan

“Kami tidak melarang warga berjualan takjil pada ramadan tahun ini,” ujar Kepala Disdag Solo, Heru Sunardi, pada hari Selasa (13/4/2021).

Heru mengatakan untuk pengawasan penjual takjil pihaknya melibatkan Satpol PP. Ia juga memetakan lokasi yang dijadikan tempat berjualan takjil di Solo untuk memudahkan dalam pengawasan.

“Kami sudah koordinasi perihal pengawasan kedepan bersama sejumlah pihak, termasuk dengan Satpol PP Solo,” katanya

Tags: , ,