Pegawai Pemkot Solo Wajib Pakai Baju Batik Selama Sepekan

Pegawai Pemkot Solo Wajib Pakai Baju Batik Selama Sepekan

Mulai hari Senin-Jumat (28-1/9/2020), seluruh pegawai Pemerintah Kota Solo diwajibkan untuk berbusana batik selama sepekan.

Hal ini tertuang dalam surat edaran (SE) tentang Peringatan Hari Batik Nasional yang ditandatangani oleh Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo pada Senin (28/9/2020) kemarin.

Himbauan tersebut yakni dalam rangka memperingati 11 tahun Hari Batik Nasional.

Hari itu juga bersamaan dengan penetapan batik sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan nonlisan bendawi oleh UNESCO pada 2 Oktober.

Pada hari Senin (28/9/2020) kemarin, Rudy sapaan akrab Wali Kota Solo, mengatakan, “SE saya sampaikan ke seluruh instansi, masyarakat, termasuk wartawan”.

Rudy menjelaskan bahwa SE wajib berbusana batik bagi pegawai Pemkot Solo tersebut terbit sebagai upaya melestarikan warisan budaya bangsa.

Baca Juga:  Jasad Wanita Mengenaskan Di Mobil Di Sukoharjo Dibunuh Dan Sengaja Dibakar

Ia menuturkan, “Batik itu punya filosofi luar biasa yang sulit, butuh kesabaran, kreativitas, dan citarasa seni yang tinggi. Per Senin ini semua pegawai sudah pakai batik, meski masih ada yang salah kostum karena SE baru saya tandatangani Senin ini. Sepekan ke depan, saya jamin semua (pegawai) sudah pakai batik”.

Tidak hanya mengimbau para pegawai untuk berbusana batik, Pemkot juga menggelar sejumlah kegiatan dalam rangka Hari Batik Nasional.

Kegiatan tersebut antara lain yakni fashion show batik virtual pada 2-3 Oktober yang akan diselenggarakan di Hotel Sunan.

Puncaknya, jajaran Pemkot Solo bakal memperingati Hari Batik Nasional dalam kegiatan mider praja.

“Sebenarnya kami akan menggelar peresmian showroom Batik Keris Omah Lawa, tapi tidak mendapatkan izin Kapolresta. Jadi acaranya nanti sederhana saja lewat mider praja,” tambahnya.

Baca Juga:  Warga Solo Mulai Rasakan Penurunan Tarif Dasar Listrik Pada Bulan Ini

Rudy juga mengatakan masih terus mengupayakan pemanfaatan Dalem Priyosuhartan menjadi Museum Batik. Tetapi, proses tersebut masih berlangsung sehingga sulit memastikan kapan akan terealisasi.

Tags: , ,