Pekan Ini, 10 Ribu Paket Sembako Siap Didistribusikan Oleh Pemkab Karanganyar

Paket sembako kembali didistribusikan oleh Pemerintah Kabupaten Karanganyar untuk warga terdampak Covid-19. Rencananya, distrubusi dilakukan pada akhir September ini.

“Warga terdampak Covid-19 ternyata ada yang belum mendapatkan bantuan sembako. Nah, baru sekarang bisa dianggarkan lagi. Jumlahnya 10 ribu paket dengan total anggaran Rp 2 miliar. Satu paket senilai Rp 200 ribu berisi beras, minyak, mi instan, susu dan sebagainya,” kata Kepala Dinas Sosial Kabupaten Karanganyar Waluyo Dwi Basuki, Minggu (28/9).

Dijelaskannya, ini merupakan distribusi tahap II sebanyak 10 ribu paket bersumber APBD 2020 senilai Rp 2 miliar.

Pada penyaluran tahap I beberapa bulan lalu, Pemkab menggunakan dana refocusing senilai Rp18 miliar untuk membeli 90 ribu paket sembako yang kemudian dibagi ke warga terdampak Covid-19.

Baca Juga:  Soal Vaksin, Jokowi Ingin Dijelaskan dengan Detail, Jangan Sampai Dipelintir

Dinas Sosial meyakini pendistribusiannya mendatang bakal tepat sasaran. Sebab, mengantongi data dari kelurahan/desa terkait by name by address warga terdampak Covid-19 yang belum menerima sembako daerah. Mereka adalah warga kontak erat pasien Covid-19 maupun pasien itu sendiri.

Sekretaris Dinas Sosial Kabupaten Karanganyar, Marno mengatakan pengadaan paket sembako dibuka melalui lelang secara elektronik.

“Sebenarnya rencana pendistribusian sudah lama. Hanya, berproses lelang terbuka secara elektronik. Jika pekan depan lelangnya dimulai, diharapkan distribusi paket sembako bisa dilakukan di akhir September,” katanya.

Lebih lanjut dikatakan, jumlah paket sembako tahap II diklaim cukup memenuhi kebutuhan insidental.

“Tim gugus tugas covid-19 di desa langsung menghubungi TKSK begitu ada yang terjangkit. Dari TKSK memproses pengambilan sembakonya,” katanya.

Tags: , ,