Pelaku Pembajakan HP Bupati Karanganyar, Gagal Meraup Uang

Handphone Bupati Karanganyar Juliyatmono dibajak orang tak dikenal, Melalui aplikasi pesan Whatsapp, pelaku menghubungi para pejabat dan mitra pemerintah kabupaten Karanganyar, meminta untuk mengirim uang via transfer rekening.

Pemilik asli nomor 08122689329 yakni Juliyatmono memperingatkan jangan menghiraukan jika ada yang mengirim pesan via WA maupun pesan singkat dan telepon mengatasnamakan dirinya. Peringatan itu diunggah putranya, Ilyas Almadani melalui akun facebook Juliyatmono Selasa sore pukul 16.50 WIB.

Kepala Dinas Kominfo Karanganyar, Sujarno mengatakan peringatan itu langsung ditindaklanjuti dengan mengkonfirmasi ke Bupati Juliyatmono melalui ajudan. Ternyata, Bupati Juliyatmono memang jadi korban pembajakan.

“Langsung kami infokan ke groub WA OPD, kades, camat, forkopimda hingga lurah bahwa nomor HP Pak Bupati dibajak. Jangan terjebak pelaku,” katanya Selasa malam (1/9).

Baca Juga:  Upacara Pembukaan Pospenas IX 2022 Solo di Stadion Manahan Berlangsung Meriah

Berbagai respons disampaikan terkait informasi mengejutkan itu. Sejumlah pejabat nyaris terjerat modus penipuan itu. Sujarno mengatakan, untungnya mereka yang diminta mengirim uang via transfer langsung mengkroscek ke orang-orang terdekat bupati seperti ajudan dan anggota keluarga bupati.

“Untungnya langsung kroscek. Masa sih Bupati minta-minta uang. Sejauh ini belum ada yang terlanjur transfer,” katanya.

Menurutnya, modus penipuan semacam ini bukan hal baru dialami pejabat Pemkab Karanganyar. Dari mulai mengatasnamakan orang penting di pemerintahan sampai wartawan.

“Biasanya mulai memancing dengan kalimat ‘lagi dimana’. Lalu percakapan berlanjut sampai ke arah minta duit,” katanya.

Sujarno mengatakan nomor HP bupati sedang diurus ke provider agar kembali ke pemilik sah. Sedangkan untuk pengusutannya, ia menyerahkan hal itu ke Bupati Juliyatmono.

Baca Juga:  Upacara Pembukaan Pospenas IX 2022 Solo di Stadion Manahan Berlangsung Meriah

“Jika Pak Bupati menghendaki kasus ini diusut, kami siap. Tinggal bagaimana sikap beliau,” katanya.

Tags: , ,