Pelaku Korupsi Disebut Banyak Usia Muda, Bagaimana Data ICW?

Data ICW, Sepanjang Januari hingga Juni, 1.043 Orang Jalani Sidang Korupsi

Peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW) Kurnia Ramadhana dalam keterangannya kepada wartawan mengatakan, menurut catatan ICW total sebanyak 1.043 orang telah disidangkan atau menjalani persidangan sepanjang semester pertama tahun ini (Januari hingga Juni 2020).

“Karena keterbatasan data yang ada pada laman Sistem Informasi Penelusuran Perkara dan Direktori Mahkamah Agung (MA), maka (ICW) melakukan pencarian menggunakan medium (sumber) dari pemberitaan online,” kata Kurnia Ramadhana kepada wartawan di Jakarta, Rabu (28/10/2020).

Kurnia menjelaskan, ICW dapat mendeteksi usia dari sebanyak 393 orang terdakwa yang diduga terlibat dalam kasus perkara digaan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor).

Sementara itu, berdasarkan hasil pencarian yang dilakukan ICW, ternyata hanya ada 14 orang terdakwa terduga pelaku korupsi yang masih berusia dibawah 30 tahun dari total jumlah sebanyak 393 terdakwa.

Baca Juga:  Dua Anak Buah Edhy Prabowo Menyerahkan Diri Ke KPK

“ICW membagi (klasifikasi) menjadi 2 bagian, yaitu terdakwa (kasus dugaan korupsi) yang berusia dibawah 30 tahun dan yang berusia diatas 30 tahun. Usia terdakwa dibawah 30 tahun hanya 14 orang, sedangkan usia terdakwa diatas 30 tahun sebanyak 379 orang,” jelasnya.

Menurut Kurnia, data temuan ICW tersebut telah dipublikasikan sejak 5 Oktober 2020. Berdasarkan data ICW itu menunjukkan bahwa mayoritas atau kebanyakan para terdakwa kasus dugaan Tindak Pidana Korupsi kebanyakan atau mayoritas berusia diatas 30 tahun.

“Jika dikaitkan dengan isu kontekstual, yang mana beberapa regulasi, seperti Undang-Undang KPK dan Undang-Undang Mahkamah Konstitusi (MK) yang justru menaikkan syarat usia untuk menjadi pimpinan lembaga itu tidak sepenuhnya tepat,” tegasnya.

Baca Juga:  HRS Tolak Uji Usap Covid-19 Pemkot Bogor, Bima Arya: Ini Wilayah NKRI!

Sementara itu, berdasarkan ketentuan dalam Undang-Undang (UU) Nomor 40 tahun 2009 tentang Kepemudaan, pemuda didefinisikan sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) yang memasuki periode penting pertumbuhan dan perkembangan dengan rentang usia 16 (enambelas) tahun sampai usia 30 (tiga puluh) tahun.

Tags: , ,