Pelaku Vandalisme di Mushala Tangerang Jadi Tersangka Penodaan Agama

Pelaku Vandalisme di Mushala Tangerang Jadi Tersangka Penodaan Agama

Seperti yang telah diberitakan sebelumnya, pada hari Selasa (29/9/2020) lalu, Warga Perumahan Villa Tangerang Elok, Kelurahan Kuta Jaya, Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang dihebohkan dengan aksi vandalisme yang dilakukan oleh orang tidak dikenal di Mushala Darussalam.

Video penampakan kondisi Mushala Darussalam yang dicoret-coret itu pun tersebar dan viral di media sosial

Aksi vandalisme pada Mushala Darussalam tersebut yakni berupa dinding dan lantai dicoret-coret menggunakan cat semprot, sajadah yang digunting bahkan hingga Al Quran yang disobek.

Dalam tayangan video yang viral itu menunjukkan kondisi mushala yang penuh coretan di dinding dan lantai.

Dinding mushala yang bewarna hijau dicoret-coret dengan sejumlah tulisan. Coretan juga ada di papan tulis dan lantai serta sajadah.

Di bagian lain juga terdapat dua Al Quran. Satu Al Quran tampak disobek dan satu lainnya dicoret dengan tanda silang.

Atas kejadian tersebut polisi langung bergerak cepat untuk menangkap pelaku.

Setelah melakukan pemerikasaan lebih lanjut, Polresta Tangerang menetapkan seorang pria bernama Satrio sebagai tersangka aksi vandalisme di Mushala Darussalam di Perumahan Villa Tangerang Elok, Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang.

Penetapan Satrio sebagai tersangka dilakukan usai penyidik melakukan gelar perkara atas kasus tersebut.

Dalam kasus ini, tersangka dijerat dengan pasal penodaan agama yakni Pasal 156a KUHP dan Pasal 406 KUHP tentang perusakan.

Pasal 156a KUHP berbunyi “pidana penjara selama-lamanya lima tahun barangsiapa dengan sengaja di muka umum mengeluarkan perasaan atau melakukan perbuatan: a. yang pada pokoknya bersifat permusuhan, penyalah-gunaan atau penodaan terhadap suatu agama yang dianut di Indonesia; b. dengan maksud agar supaya orang tidak menganut agama apapun juga, yang bersendikan ke-Tuhanan”.

Tags: , ,