Pelantikan Gibran Belum Jelas, Pemkot Siapkan Sekda Jadi Plh Wali Kota

Pelantikan Gibran Belum Jelas, Pemkot Siapkan Sekda Jadi Plh Wali Kota

Seperti yang telah diketahui, pada 17 Februari 2021 mendatang, masa jabatan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo yaitu FX Hadi Rudyatmo dan Achmad Purnomo akan berakhir.

Namun, belum ada kejelasan terkait pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo terpilih yakni Gibran Rakabuming Raka dan Teguh Prakosa.

FX Hadi Rudyatmo selaku Wali Kota Solo mengaku bahwa hingga hari Senin (8//2021), pihaknya belum menerima pemberitahuan dari Kementerian Dalam Negeri terkait pelantikan tersebut.

Pada hari Senin (8/2/2021) kemarin, Rudy sapaan akrab Wali Kota Solo itu mengatakan, “Pemkot Solo sampai sekarang belum menerima pemberitahuan dari Mendagri terkait pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota terpilih (Gibran-Teguh)”.

Sehubungan dengan hal tersebut, pihaknya menyebut akan menunggu jadwal kepastian pelantikan hingga hari Kamis (11/2/2021).

Baca Juga:  Pembunuh Wanita Dalam Mobil Terbakar di Sukoharjo Dituntut Hukuman Mati

Apabila hingga tanggal tersebut belum juga ada kejelasan terkait pelantikan, maka wali kota akan diputuskan dilaksanakan oleh Pelaksana Harian (Plh).

Rudy menjelaskan, “Jika selama tujuh hari belum ada keputusan soal pelantikan (Gibran-Teguh) diambil keputusan Plh Wali Kota Solo atas persetujuan Gubernur Jawa Tengah (Ganjar Pranowo)”.

Pihaknya juga menambahkan bahwa Plh Wali Kota Solo akan dijabat Sekretaris Daerah (Sekda) yakni Ahyani.

Pemilihan itu menurutnya, Sekda yang paling tahu kondisi pemerintahan di Solo.

Rudy menyampaikan, “Saya harap jabatan Plh Wali Kota Solo yang dilantik adalah Sekda Solo (Ahyani)”.

Ia menuturkan bahwa Plh Wali Kota Solo diperlukan agar roda pemerintahan tidak sampai terjadi kekosongan.

Baca Juga:  Anindya Bakrie Bertemu Gibran, Bahas Apa?

Terpisah, Budi Prasetyo yang merupakan Ketua DPRD Solo mengatakan bahwa pihaknya sudah melayangkan surat pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota terpilih Kota Solo kepada Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

Uusulan mengenai pelantikan tersebut telah dikirimkan lewat Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo usai rapat paripurna di Gedung Graha Paripurna DPRD Solo, pada hari Senin (25/1/2021) lalu.

Untuk informasi, pada hari Selasa (16/2/2021) mendatang FX Rudy akan meninggalkan kantor Wali Kota di Balai Kota dan Rumah Dinas Loji Gandrung.

Rudi menyampaikan, “Saya nanti pulang ke rumah pribadi secara simbolis diantarkan sejumlah ASN Pemkot Solo dengan tetap menerapkan protokol kesehatan”.

Tags: , ,