Pelantikan Kepala Daerah di Jateng, Ganjar: Belum Ada Informasi dari Mendagri

Pelantikan Kepala Daerah di Jateng, Ganjar: Belum Ada Informasi dari Mendagri

Diberitakan sebelumnya, hingga saat ini Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) belum menentukan jadwal terkait pelantikan kepala daerah pemenang Pilkada Serentak 2020.

Sehubungan dengan hal itu, Ganjar Pranowo selaku Gubernur Jawa Tengah juga mengaku bahwa pihaknya belum menerima surat dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

Pada hari Sabtu (13/2/2021) lalu, Ganjar mengatakan, “Belum ada informasi dari Mendagri. Nanti begitu ada (informasi) Mendagri kita siapkan semuanya”.

Untuk informasi, Mendagri sendiri masih mengusulkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait jadwal pelantikan kepala daerah pemenang Pilkada 2020.

Dalam usulannya tersebut, Mendagri berharap bahwa pelantikan bisa digelar sebelum 17 Februari karena tanggal itu adalah akhir masa jabatan kepala daerah yang dilantikan pada 2016 lalu.

Baca Juga:  Mandalika Resmi Tak Gelar MotoGP Indonesia 2021

Ganjar menjelaskan, “Pokoknya kita tunggu dari Kemendagri. Kalau Kemendagri akhirnya mengundurkan itu kita Plh semuanya. Ada yang Sekda dan dari provinsi. Termasuk Solo”.

Diketahui, pelantikan kepala daerah pemenang Pilkada 2020 di wilayah Jawa Tengah dipastikan tidak dilaksanakan secara serentak.

Ganjar mengungkapkan, bahwa ada tiga skenario dalam pelaksanaan pelantikan kepala daerah pemenangan Pilkada 2020 di Jateng.

“Ada tiga skenarionya. Satu yang tepat waktu. Dua yang masih mundur waktunya. Tiga yang sengketa. Tapi sampai sekarang kita belum tahu,” terangnya.

Sementara itu, Akmal Malik -Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kemendagri- mengatakan bahwa pihaknya ingin memastikan kepala daerah langsung bisa bekerja usai dilantik nanti.

Pada hari Jumat (5/2/2021) lalu, Akmal menyampaikan, “Saya belum bisa pastikan jadwalnya. Harapan kami pada 17 Februari semua kepala daerah terpilih sudah dilantik, kecuali yang masih bersengketa”.

Tags: , ,