Pelindung Masyarakat (Linmas) Sebanyak 12.445 Personil Dilibatkan Saat Pilkada Klaten 2020

linmas dalam pilkada klaten

Pelindung masyarakat (linmas) akan dilibatkan saat pilkada Klaten 2020, di mana jumlah personil linmas yang akan terlibat sebanyak 12.455 orang dari berbagai daerah di Klaten.

Kehadiran linmas saat acara pemilihan kepala daerah khususnya masa pandemi saat ini menjadi saat dibutuhkan untuk menjadi bagian dari tim protokol kesehatan di lapangan saat pengawasan.

Sebelumnya menjelang dilaksanakan Pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak, Kepala Desa Jomboran Agung Widodo membuka pelatihan dan pembinaan anggota satuan pelindung masyarakat (SatLinmas) Desa jomboran Kecamatan Klaten Tengah, Kabupaten Klaten.

“Kita juga minta bantuan kepada aparat TNI, khususnya Anggota Koramil 01 kota Kodim 0723/Klaten bersama Bhabinkamtibmas Polsek kota untuk memberikan Pembinaan Pelatihan Linmas di desa Jomboran,” tutur Agung.

Baca Juga:  Meski Ada Siswa Yang Reaktif Rapid Test, Simulasi PTM SMAN 3 Solo Tetap Berjalan

Tahun ini sebagai tahun politik di tengah wabah pandemi menjadi tantangan tersendiri bagi linmas karena pengawasan yang sebagaimana mereka lakukan akan ada perbedaan.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Satpol PP Klaten, Rabiman mengungkapkan bahwa peran linmas dalam pesta demokrasi semenjak pendaftaran calon bupati sudah digalakkan, namun untuk pilkada serentak 9 Desember akan lebih ditingkatkan dan dilibatkan di lapangan.

Mengenai gambaran kasar mekanisme linmas tingkat kecamatan mulai bertugas pada H-3 hingga H+3 Pilkada yang digelar pada 9 Desember 2020 mendatang. Para linmas yang mencapai ribuan tersebut salah satu tugas mereka adalah mengamankan rapat pleno tingkat kecamatan. Linmas tingkat desa akan mulai aktif mengamankan pilkada pada H-1 Pilkada hingga H+1.

Mengingat masa pandemi, dan supaya tidak ada klaster pilkada. Linmas akan diperlengkapi APD seperti masker dan sarung tangan. Sementara, perlengkapan pengamanan yang dibawa masing-masing personel linmas berupa pentungan.

Baca Juga:  Muncul 3 Klaster Baru Covid-19 di Solo

Rabiman menambahkan Satpol PP Klaten akan memfasilitasi linmas APD. Untuk linmas yang di tingkat desa nanti APD disiapkan dari desa. Sementara, perlengkapan linmas yang ada di TPS akan disiapkan dari KPU.

Tugas, tanggung jawab dan honor para linmas pun terkait persiapan pilkada masa pandemi di Klaten akan dibahas lebih lanjut serta. Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Klaten, Ronny Roekmito, menegaskan bahwa kedisiplinan penerapan protokol kesehatan menjadi prioritas dalam kontestasi Pilkada tahun ini.

Tags: , , ,