Pembangunan 253 Rumah Sistem Panel Instan di Semanggi Dimulai April

Pembangunan 253 Rumah Sistem Panel Instan di Semanggi Dimulai April

Pemerintah Kota (Pemkot) Solo memperkirakan bahwa pembangunan 253 hunian baru di kawasan Mojo, Semanggi akan dimulai April 2021 mendatang.

Pembangunan tersebut yang menggunakan teknologi rumah sistem panel instan (Ruspin) ini diyakini akan tahan gempa dan pekerjaan yang cepat selesai.

Pada hari Rabu (31/3/2021), Dhimas Harso Jiwando Adhi Nugroho selaku Kasi Rumah Swadaya Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperum KPP) Solo menuturkan, “Teknis pengerjaan pembangunan ruspin diawali dengan pembuatan panel, perakitan, kemudian dilanjutkan dengan menginstal isian rumah seperti dinding, atap, lantai keramik, dan sebagainya”.

Ia juga menambahkan bahwa Ruspin yang dibangun di lahan HP001 Kelurahan Mojo bertipe 30, terdiri dari dua kamar dan satu kamar mandi.

Bila dihitung maka satu unit ruspin bisa diselesaikan dalam 14 hari.

‚ÄúDengan perhitungan tersebut pembangunan 253 hunian baru itu mampu diselesaikan dalam 4-5 bulan”, jelasnya.

Mengenai dengan pelaksanaan pembangunan, pihaknya akan membagi dalam sejumlah kelompok pekerja yang bertanggung jawab untuk menyelesaikan 50 hunian per satu kelompoknya.

Sementara itu, Sarjoko selaku Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Penataan HP 00001 Mojo menambahkan bahwa seluruh warga terdampak penataan sudah pindah dan menyewa rumah sementara dan lokasi konstruksi sudah bersih dari bangunan sejak Februari lalu.

Sarjoko mengatakan, “Jadi bisa langsung digarap kalau pemerintah sudah siap. Yang jelas kami mendukung langkah Pemkot dan Kemen PUPR dalam menata kawasan kumuh di Solo”.

Untuk informasi, teknologi Ruspin, pernah diterapkan di Solo beberapa tahun lalu. Tepatnya dalam pembangunan rumah instan sederhana (Risha) di sekitar kawasan Rusunawa Mojosongo, Jebres.

Tags: , ,