Pembukaan CFD Solo Masih Dimatangkan

Pembukaan CFD Solo Masih Dimatangkan

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka membatalkan rencana pembukaan Car Free Day (CFD) di Kota Solo, dalam waktu dekat.

Sebelumnya CFD rencananya akan dibuka kembali mulai hari Minggu (4/4/2021) menyusul adanya pelonggaran aturan setelah angka kasus Covid-19 di Solo turun.

Rencananya, CFD kali pertama pada momen pandemi Covid-19 tersebut hanya untuk aktivitas olahraga.

Sehingga tidak ada lapak kuliner maupun aktivitas jual beli lain.

Pada hari Rabu (24/3/2021), Gibran mengatakan, “Untuk CFD belum kita buka, masih akan kita kaji lebih lanjut. Kita fokus pada persiapan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) dan vaksinasi dulu”.

Terkait dengan pembukaan kembali CFD masih terus dimatangkan.

Ahyani selaku Ketua Pelaksana Satuan Petugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Solo menjelaskan bahwa salah satu yang menjadi pertimbangan adalah perkembangan kasus Covid-19.

Baca Juga:  Komisi V DPR RI Kunjungi Kawasan Ngarsopuro

Meski angka kasus melandai, apabila CFD dibuka dikhawatirkan memunculkan kerumunan yang berpotensi terjadi penularan virus Covid-19.

Pada hari Kamis (25/3/2021) kemarin, Ahyani menuturkan, “Masih dipersiapkan, mungkin sebelum puasa (pembukaan CFD). Kami menyiapkan tata kelola, kami menyampaikan kemungkinan pembukaan CFD itu juga sebagai sosialisasi. Bagaimana respons masyarakat, apakah ada masukan, hitungan baik-buruknya”.

Ia juga menyebut bahwa rencana pembukaan kembali CFD bukan atas desakan masyarakat, tetapi keinginan Pemkot Solo menghidupkan kembali kota.

Tetapi, dampak positif maupun negatif dari rencana itu tetap harus dipikirkan.

“Ya, tentu saja saya khawatir ada kerumunan,” tegasnya.

Ahyani menyampaikan pembukaan kembali CFD masih di lokasi yang sama yakni Jl Slamet Riyadi mulai dari flyover Purwosari hingga Bundaran Gladak Solo.

Tags: , ,