Pembukaan Sekolah di Zona Kuning, KPAI: Bahayakan Guru-Siswa!

Pembukaan Sekolah di Zona Kuning, KPAI: Bahayakan Guru-Siswa!

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) manganggap bahwa pembukaan sekolah di zona kuning akan membahayakan keselamatan guru dan murid.

Hal tersebut disampaikan oleh Retno Listyarti -Komisioner KPAI Bidang Pendidikan-.

Pada hari Selasa (14/7/2020) kemarin, ia mengatakan, “Kalau saya menolak betul kalau zona oranye, atau apalah, entah kuning apa, mau dibuka sekolah. Itu yang di hijau saja nggak patuh, gimana kalau zona yang lain? Itu membahayakan untuk keselamatan anak-anak kita dan guru-guru kita”.

Bedasarkan laporan yang diterima KPAI, Retno menuturkan bahwa masih terdapat beberapa sekolah yang tidak memenuhi kriteria dari Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri tentang pedoman pembukaan sekolah di era pandemi virus corona.

Baca Juga:  Acara Ulang Tahun Keluarga Asal Bumi Solo Bikin Rantai Covid-19 Jadi Panjang

Ia meminta agar pemerintah melakukan evaluasi terkait pembukaan sekolah di zona hijau terlebih dahulu.

Retno mengatakan, “Sekarang dievaluasi dulu lah zona hijaunya. Zona hijau itu 104 kabupaten. Coba perhatikan di zona hijau ini sudah patuh belum. Orang kami banyak mendapat (laporan) ketidakpatuhan kok”.

Retno juga menyoroti kesanggupan infrastruktur sekolah untuk menerapkan protokol kesehatan dan membiasakan untuk menggunakan masker di lingkungan sekolah.

“Kemudian infrastruktur di sekolah, tempat cuci tangan, sabun, tisu, ya percuma cuci tangan ngelap ke bajunya. Artinya budaya cuci tangan harus dilakukan” tutur Retno.

“Kita mempertaruhkan kesehatan ribuan, jutaan anak. Kalau kami untuk nyawa itu nggak bisa dibeli. Saya paham bahwa anak-anak mungkin tidak terpenuhi pembelajaran jarak jauh dengan sistem daring, ya pemerintah gratiskan internet dong. Kemudian dukung proses pembelajaran ini,” imbuhnya.

Baca Juga:  Eks Dirut PNRI Selesai Diperiksa KPK Terkait Kasus e-KTP

Diketahui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 menyatakan saat ini pemerintah hanya merekomendasikan sekolah yang berada di zona aman atau zona hijau virus Corona (COVID-19). Namun, kini muncul pembahasan kemungkinan daerah yang berada di zona kuning pun akan dibuka.

Tags: , ,