Pembunuh Pemuda di Klaten Terancam Hukuman Mati

Pembunuh Pemuda di Klaten Terancam Hukuman Mati

Diberitakan sebelumnya, pada hari Selasa (27/4/2021) lalu, sesosok mayat laki-laki ditemukan dalam kondisi tergeletak bersimbah darah di pinggiran jalan Dusun Kedusan, Desa Borangan, Kecamatan Manisrenggo, Klaten. Kejadian penemuan mayat tersebut sempat menggegerkan warga setempat.

Misteri kematian FR (26) yang mayatnya ditemukan bersimbah darah tersebut akhirnya terungkap. Diketahui, pelaku ternyata merupakan tetangga korban.

Tersangka ditangkap tidak lebih dari 10 jam usai kejadian dan polisi juga telah mengamankan barang bukti.

Motif pelaku membunuh korban karena mengaku dendam sering diolok-olok dan difitnah soal utang. Menurut pengakuan pelaku, korban justru yang berutang kepadanya.

Akibat perbuatannya, tersangka pembunuhan yakni HP (25) kini terancam hukuman mati.

Pihak kepolisian menjerat pelaku dengan pasal tentang pembunuhan berencana.

Pada hari Kamis (29/4/2021), AKBP Edy Suranta Sitepu selaku Kapolres Klaten mengatakan, “Kita tetapkan Heru Prasetyo sebagai tersangka. Kita proses dengan pasal pembunuhan berencana”.

Selain dijerat dengan pasal 340 KUHP tentang pembunuhan berencana, tersangka juga dijerat pasal 338 KUHP tentang pembunuhan.

Edy menjelaskan, “Kita proses dengan pasal 340 pembunuhan dan subsider 338 KUHP tentang pembunuhan. Pasal 340 KUHP ancaman hukumannya hukuman mati, seumur hidup atau paling lama 20 tahun”.

Alasan tersangka dijerat dengan pasal pembunuhan berencana, kata Edy, lantaran penyidik menemukan unsur perencanaan. Pelaku sudah merencanakan mulai dari tempat hingga alat eksekusinya.

Edy menambahkan, “Kenapa dengan pasal pembunuhan berencana, karena pelaku yang sakit hati sudah menyiapkan sedemikian rupa, baik alat maupun tempat untuk melakukan eksekusi”.

“Malam kejadian pembunuhan, korban mau diajak bertemu dan setelah itu pelaku pulang ambil pisau. Maka yang mengatur tempat dan waktu itu pelaku, bukan si korban”, jelasnya.

Tags: , ,