Pemerintah Akan Pasang GeNose C19 di Bioskop

Pemerintah Akan Pasang GeNose C19 di Bioskop

Pemerintah berencana akan memasang alat deteksi virus Covid-19 yakni GeNose C19 di bioskop-bioskop.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengaku sudah berdiskusi dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno soal pemasangan GeNose di setiap bioskop di tanah air. Namun ia menyebut masih masih berbicara lebih lanjut terkait implementasinya.

Pada hari Rabu (10/3/2021), dalam keterangan di situs resmi Kemenko PMK, Muhadjir menuturkan, “Jadi saya sudah ada pembicaraan dengan Menparekraf (Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno), untuk pengamanan bioskop nanti akan dipasang GeNose untuk gedung-gedung bioskop. Soal teknisnya nanti masih akan dibicarakan dengan Pak Menparekraf”.

Muhadjir menjelaskan bahwa pemasangan GeNose itu bertujuan agar masyarakat tidak perlu takut lagi akan penularan virus di lingkungan bioskop. Kembalinya antusiasme masyarakat untuk pergi ke bioskop tersebut juga sekaligus menghidupkan industri perfilman tanah air.

“Maksud kita agar masyarakat bisa segera percaya diri, aman untuk ke gedung bioskop, sehingga industri perfilman juga para artis, para awak perfilman juga bisa bekerja lebih aman, lebih nyaman, sehingga produksi kita bisa lebih lancar seperti sedia kala”, jelasnya.

Sebelumnya, sejumlah insan perfilman Indonesia menemui Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Jakarta, pada hari Selasa (9/3/2021). Mereka yang datang di antaranya Produser Manoj Punjabi, aktor Reza Rahadian, Marcella Zalianty, Dian Sastro dan lainnya.

Seusai bertemu Jokowi, Reza menuturkan pertemuan itu merupakan respons cepat dari pemerintah atas surat terbuka yang dikirimkan oleh pelaku perfilman.

Tags: , ,