Pemkab Beri Lampu Hijau, Ini Syarat Konser Bisa Digelar di Karanganyar

Surat dilayangkan usai rapat kerja tim peneliti vaksin nusantara dengan Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono, Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional Bambang Brodjonegoro, Kepala BPOM Penny K Lukito, dan juga LBM Eijkman pada 10 Maret lalu.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar memberikan lampu hijau terkait penyelenggaran acara konser.

Namun, aturan resmi terkait dengan hal tersebut masih menunggu surat edaran (SE) dari Pemprov Jateng untuk penerapan kebijakan itu.

Meski edaran dari Pemprov belum turun, namun Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Karanganyar merasa optimis bisa segera diterapkan.

Pasalnya pemerintah pusat telah mengizinkan terselenggaranya konser.

Pada hari Senin (23/3/2021) Titis Sri Jawoto selaku Kepala Disparpora Karanganyar mengatakan, Bisa dilakukan (konser). Permasalahannya adalah mengontrol ketertiban protokol kesehatannya. Kalau gratis dan di ruang terbuka kan susah untuk mengontrol jumlah penontonnya. Kemungkinan bisa dilakukan di dalam gedung dengan membatasi jumlah penonton sesuai aturan 25 persen dari jumlah maksimal dan diwajibkan mematuhi aturan prokes lainnya”.

Baca Juga:  Digelar Hybrid dari Solo, IMF 2021 Usung Tema Kebhinekaan

Ia mewacanakan strategi pengendalian jumlah penonton bisa diterapkan penyelenggara dengan menaikan harga tiket konser.

“Kalau gratis atau murah tiketnya, maka akan sulit mengatur para penonton. Namun bila mahal, kita bisa terapkan 25 persen penonton dari yang disediakan”, ungkapnya.

Selain itu, penonton konser juga diwajibkan untuk membawa surat keterangan swab antigen maupun sertifikat vaksin kedua minimal 10 hari setelah penyuntikan.

Strategi tersebut diyakini dapat memperkuat benteng pengamanan dari persebaran virus Covid-19.

“Dengan demikian kita bisa meyakinkan bahwa protokol kesehatan benar-benar terjaga”, katanya.

Namun, Titis mengaku bahwa kebijakan resmi tersebut baru akan dikeluarkan setelah Pemkab Karanganyar menerima edaran resmi dari Pemprov Jateng tentang penyelenggaraan konser.

Tags: , ,