Pemkab Karanganyar Beri Ketua RT/RW Bantuan Operasional

Pemkab Karanganyar Beri Ketua RT/RW Bantuan Operasional

Ketua rukun tetangga (RT) dan ketua rukun warga (RW) di Karanganyar bakal menerima penghargaan dan bantuan operasional dari Pemerintah Kabupaten (pemkab) Karanganyar.

Agus Heri Bindarto selaku Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermades) Kabupaten Karanganyar menyampaikan bahwa saat ini surat keputusan (SK) untuk pencairan dana insentif kepada RT dan RW sudah diajukan ke bupati. Hanya tinggal menunggu proses pencairannya.

Mengutip radarsolo, Agus mengatakan, “Masing-masing RT dan RW itu nanti Rp 2,5 juta. Dimana nantinya 500 itu untuk dana operasional, sedangkan yang Rp 2 juta nantinya untuk keperluan warga di RT maupun RW tersebut”.

Ketika disinggung terkait kapan pencairan insentif RT dan RW tersebut, Agus mengaku pekan ini langsung cair.

Insentif tersebut diambilkan dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Karanganyar sebesar Rp 18,9 miliar.

Agus menjelaskan, “Kalau sudah ditandatangani pak bupati, nanti tinggal diserahkan ke Badan Keuangan Daerah (BKD). Lalu disalurkan melalui rekening desa masing-masing. Nantinya kepala desa yang akan menyalurkan insentif tersebut ke Ketua RT dan RW”.

Tidak hanya kepada Ketua RT dan RW saja, pemkab Karanganyar juga akan menggelontorkan anggaran kurang lebih sebesar Rp 5 miliar kepada kader-kader posyandu.

Masing-masing mendapatkan Rp 600 ribu selama setahun.

“Proses pencairan sama. Nanti lewatnya juga ke rekening desa dan pemerintah desa nanti yang akan menyalurkannya”, ungkap Agus.

Tags: , ,