Pemkab Karanganyar Percepat Penanganan Covid-19

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar berupaya untuk mempercepat penanganan kasus Covid-19 di wilayahnya. Adanya kolaborasi dari Diskominfo dan BPBD diharapkan bisa memutus rantai persebaran Covid-19.

Hal itu diketahui lewat webinar yang diselenggarakan oleh Komite Penanganan Covid 19 dan Pemulihan Ekonomi (KPC-PEN), Jumat (13/11/2020). Webinar ini menghadirkan narasumber Kepala Diskominfo, Sujarno, dan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Sundoro Budhi Karyanto.

Sujarno mengatakan pandemi Covid-19 belum diketahui kapan akan berakhir. Dia menganggap semangat bangkit menjadi poin penting yang harus dimiliki oleh seluruh kalangan. Mulai dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, hingga masyarakat.

Mengutip dari situs resmi Pemkab Karanganyar, karangayarkab.go.id, Sujarno mengatakan peran masyarakat dalam pemutusan rantai Covid-19 ini cukup penting. Pemkab Karanganyar melalui Diskominfo telah mendorong diseminasi informasi yang masif sehingga masyarakat tergerak dengan kesadaran untuk mencegah Covid-19.

Baca Juga:  Tahun 2021, Sekolah-Sekolah di Karangayar Siap PTM

Dia juga menambahkan sudah ada portal khusus bagi pemudik. Portal itu dipersiapkan untuk pengawasan atau karantina mandiri agar terlaksana dengan lancar. Diskominfo juga memproduksi konten media sosial untuk ajakan 3M, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak.

“Disamping itu lomba sosialisasi penanganan Covid-19 dan protokol kesehatan sehingga dapat masyarakat bisa terlibat aktif. Kami juga menyiapkan media online lapor mengenai Covid-19 termasuk rumah sakit dan bantuan sosial akibat pandemi covid 19 ini,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala BPBD Sundoro mengatakan upaya pencegahan secara periodik dilakukan penyemprotan disinfektan secara maksimal. Setiap hari secara terjadwal berkoordinasi dengan dinas terkait serta Relawan Penanggulangan Bencana di 17 Kecamatan.

Penyemprotan lebih diprioritaskan pada fasilitas umum, lingkungan kantor dan daerah-daerah yang kena dampak Covid-19 juga mengarah kepada kampung-kampung sesuai arahan Bapak Bupati.

Baca Juga:  Pasar Gede Solo: Pembeli Turun Drastis Imbas Kabar Hoax Soal Penutupan Pasar

“Waktu pelaksanaan mulai Tanggal 16 Maret 2020 sampai dengan sekarang. Kegiatan penyemprotan disinfektan dengan trend yang semakin meningkat PDP di Kabupaten Karanganyar, guna antisipasi sebaran Virus Corona,” ujarnya.

Selain itu menempatkan fasilitas cuci tangan pakai sabun (CTPS) di ruang publik. Yakni menempatkan alat CTPS di beberapa titik keramaian, yaitu: Taman Pancasila, Alun-alun, Terminal, Pasar, Kantor Pelayanan. Keberadaan alat CTPS  ini  selalu dipantau dalam hal pengisian air beserta sabun. Pihaknya juga mengikuti kegiatan operasi Yustisi dan Penerapan Protokol Kesehatan bersama TNI, Polri dan Satpol PP

“Kami selalu mengikuti kegiatan Operasi Yustisi setiap hari di beberapa titik di Kabupaten Karanganyar,” pungkasnya.

Tags: , ,