Pemkot Solo akan Tertibkan Pedagang Bermobil di Kawasan Pasar Klewer

Pemkot Solo akan Tertibkan Pedagang Bermobil di Kawasan Pasar Klewer

Pada hari Jumat (06/11/2020) kemarin, FX Hadi Rudyatmo selaku Wali Kota Solo meresmikan bangunan baru Pasar Klewer Timur.

Dalam peresmian tersebut, turut dihadiri oleh Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR Iwan Supriyanto, Kepala Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Jateng Cakra Negara, Kapoltresta Surakarta Kombes Ade Safri Simanjuntak, dan beberapa dinas terkait.

Saat acara tersebut, Rudy sapaan akrab Wali Kota Solo itu juga menjawab keluhan dari para pedagang Pasar Klewer terkait praktik jual beli yang dilakukan oleh pedagang bermobil di kawasan Alun-alun Utara.

Setelah berkeliling bersama jajarannya meninjau hasil pembangunan dan menyapa para pedagang yang telah menempati kawasan semi basement Pasar Klewer Timur, Rudy meminta Satpol PP Kota Surakarta dan Dinas Perhubungan Kota Surakarta untuk berkoordinasi dengan Polsek Pasar Kliwon dalam menertibkan pedagang bermobil yang selama ini berjualan di luar Pasar Klewer.

Baca Juga:  Dapat Dukungan Dari Putra Amien Rais, Apa Respon Gibran?

Orang nomer satu di Solo itu meminta agar para pedagang tersebut diberikan sanksi yang tegas.

Rudy menegaskan, “Pedagang bermobil tidak boleh berjualan di kawasan Alun-alun Utara. Jangan ada pembelaan dari siapa pun dan dengan alasan apa pun ketika petugas dari lembaga-lembaga terkait menertibkan pedagang bermobil”.

Dalam sambutannya, Rudy juga mengatakan bahwa bagian atas bangunan Pasar Klewer Timur tersebut dapat menjadi daya tarik bagi wisatawan lokal, nasional, dan internasional.

Ia berharap agar dinas-dinas terkait bisa mengadakan kegiatan-kegiatan seni-budaya di lokasi yang dimaksud.

Rudy menambahkan, “Bangunan basement untuk parkir, semi basement untuk tempat para pedagang. Di bagian yang paling atas, bisa digunakan untuk kegiatan-kegiatan. Namun jangan dipakai untuk kegiatan pameran. Mungkin kegiatan Pemilihan Putra-Putri Solo, Festival Keroncong, dan kami berharap saat ada kegiatan malam hari, Pasar Klewer bisa ikut buka sampai malam hari pula”.

Baca Juga:  PKL Bermobil Akan Ditindak Tegas Jika Masih Nekat Buka Lapak Di Alun-Alun Utara

Sementara itu, Iwan Supriyanto -Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR- menjelaskan bahwa rehabilitasi Pasar Klewer merupakan wujud konkret dukungan PUPR terhadap pemulihan ekonomi nasional yang beberapa waktu lalu sempat berada pada angka -5%.

Iwan menuturkan, “Syukur Alhamdulillah di tri wulan terakhir ekonomi kita sudah mulai bergerak untuk pulih. Acara hari ini juga merupakan wujud rasa syukur masyarakat Solo khususnya para pedagang. Semoga pasar yang kita bangun ini dapat memberikan manfaat khususnya bagi para pedagang dan masyarakat Kota Surakarta”.

Tags: , ,