Pemkot Solo Bakal Bangun Rumah Sakit Baru

Pemkot Solo Bakal Bangun Rumah Sakit Baru

Untuk menyokong kekuatan daya tampung pasien rumah sakit, terutama selama Pandemi Covid-19, Pemerintah Kota (Pemkot) Solo saat ini sedang mengkaji kemungkinan pembangunan rumah sakit baru.

Pemkot berencana membangun rumah sakit (RS) di wilayah-wilayah yang belum terkaver pelayanan. Saat ini, Pemkot sudah memiliki dua RS yang berlokasi di wilayah Kecamatan Banjarsari dan Pasar Kliwon.

Sekretaris Daerah (Sekda) Solo, Ahyani, mengatakan program tersebut merupakan penjabaran dari delapan prioritas kepemimpinan Wali Kota Gibran Rakabuming Raka dan Wakil Walikota Teguh Prakosa.

Ahyani menerangkan bahwa Solo masih menjadi rujukan pasien luar kota dalam penanganan Covid-19

Pada hari Jumat (19/3/2021), Ahyani mengatakan, “Itu membawa dampak bahwa ternyata untuk memenuhi kebutuhan (daya tampung) masih kurang,”.

Nantinya, rumah sakit baru tersebut dibangun di kecamatan-kecamatan yang belum memilikinya, misalnya kawasan Kelurahan Pajang, Kecamatan Laweyan.

“Rumah sakit sesuai zona pelayanan. Wilayah utara-timur dan selatan-barat belum,” ujarnya.

“(Wliayah utara-timur) kawasan Mojosongo, (selatan-barat) daerah Pajang Laweyan,” tumbuhnya.

Selain itu, Pemkot kini tengah mengkaji adanya rumah sakit pusat pengobatan tradisional atau herbal.

“Pengembangan RS herbal di RSUD Bung Karno juga jadi prioritas mengingat pernah dicetuskan Kementerian Kesehatan”, katanya.

Selain itu, Ahyani juga menyampaikan bahwa pihaknya juga bakal membentuk center for disease control (DCD) guna mengantisipasi munculnya wabah baru dengan pencegahan yang lebih cepat.

“Kami juga menargetkan agar vaksinasi Covid-19 itu paling tidak selesai tahun ini. Soal RS bisa jadi satu kecamatan satu RS, RS Ibu dan Anak lokasinya bisa di dekat Stadion Sriwedari”, ungkapnya.

Tags: , ,