Pemkot Solo Bakal Bangun Taman Parkir Di Ketandan

Pemkot Solo Bakal Bangun Taman Parkir Di Ketandan

Pada tahun ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Solo berencana membangun taman parkir di wilayah Ketandan, Jl RE Martadinata.

Dengan adanya pembangunan tersebut diharapkan dapat menampung puluhan kendaraan roda empat dan roda dua.

Hari Prihatno selaku Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo menyampaikan bahwa lokasi calon kantong parkir Ketandan tersebut berdekatan dengan Taman Parkir Loji Wetan, Jl Mayor Kusmanto.

Seperti yang diketahui, kedua lokasi itu terpisah oleh Kali Pepe.

Terkait dengan hal itu, pada hari Rabu (17/3/2021), Hari menuturkan, “Kami akan bikin jembatan agar keduanya saling terhubung, namun pintu masuk dan keluar keduanya bisa terpisah”.

Pembangunan jembatan tersebut diharapkan dapat mengakomodasi kendaraan roda dua dan roda empat yang keluar masuk di dua lokasi parkir tersebut.

Hari menjelaskan, “Konstruksi jembatannya menyesuaikan lebar Sungai Pepe di titik itu. Bangunannya kuat, dari beton. Sehingga kuat untuk dilalui kendaraan roda empat”.

Hingga saat ini, pihaknya masih menyusun detail engineering design (DED), sehingga belum diketahui nominal anggaran untuk pembangunan taman parkir maupun jembatan tersebut.

Pembangunan yang rencananya menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Perubahan itu ditarget selesai tahun ini.

Sementara itu, Henry Satya Nagara selaku Kabid Perparkiran Dishub Solo menyampaikan bahwa operasional gedung parkir akan memakai sistem parkir modern seperti di Pasar Klewer dan lokasi lain.

Jam keluar masuk kendaraan akan dicatat oleh mesin secara digital guna transparansi data, termasuk kejelasan pencatatan retribusi perparkiran yang ada di taman parkir Ketandan.

Selain itu, Henry juga menambahkan, “Namun kami pastikan kawan-kawan pengelola parkir on street atau Asosiasi Pengelola Parkir Surakarta (Asparta) tetap akan terfasilitasi. Tidak akan menghilangkan mereka”.

Tags: , ,